fbpx
Skip to content

6 Cara Mengatasi Rasa Malu di Tempat Kerja

6 Cara Mengatasi Rasa Malu di Tempat Kerja
6 Cara Mengatasi Rasa Malu di Tempat Kerja

Orang-orang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi memiliki lebih banyak peluang untuk berkembang dan disukai banyak orang. Berbeda dengan orang-orang yang memiliki sifat pemalu, bahkan untuk memulai suatu obrolan saja bisa menjadi tantangan yang snagat berat untuk dilakukan. Rasa malu, gugup, dan takut bisa menjadi penghambat di dunia kerja. 

Meski demikian rasa malu adalah perasaan alami yang bisa dialami siapa saja, terutama di tempat kerja yang sering kali menjadi lingkungan yang penuh tekanan. Sebagai pemalu. ada beberapa cara mengatasi rasa malu yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan produktivitas, membangun hubungan kerja yang baik, dan merasa lebih nyaman di tempat kerja. Selengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Malu?

Pemalu merupakan sifat yang umum dan banyak dimiliki oleh manusia. Mengutip dari Better Up, rasa malu merupakan emosi yang menyebabkan seseorang menjadi tidak banyak dan merasa cemas ketika berada di dalam lingkungan sosial. Perasaan malu ini bisa dirasakan oleh siapa saja. 

Individu pemalu cenderung akan lebih banyak diam dan menghindari interaksi sosial dalam skala kecil maupun besar. Para pemalu seringkali dikaitkan dengan Introvert, padahal keduanya berbeda. Salah satu perbedaannya adalah introvert merupakan karakter bawaan lahir, sedangkan pemalu muncul dari lingkungan dan pengalaman masa lalu. 

Mengutip dari Psychology Today, berdasarkan hasil penelitian rasa percaya diri pada pertama kali muncul pada anak-anak di usia 6 bulan secara bertahap. Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa seseorang terlahir pemalu. Dr. Jerome kagan dari Harvard University menyebutkan bahwa terdapat 15-20% bayi yang terlahir dengan temperamen terhambat. 

Anak-anak dengan temperamen terhambat akan cenderung memiliki reaksi fisiologis dan perilaku yang berlebihan terhadap rangsang dari luar. Mereka cenderung memiliki rasa takut dan cemas berlebih ketika berhadapan dengan hal atau lingkungan baru. Hal inilah yang sering dianggap sebagai “pemalu” oleh orang-orang sekitar. 

Anak-anak dengan temperamen terhambat tidak menjamin akan tumbuh menjadi orang dewasa yang pemalu. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang menjadi pemalu, diantaranya adalah:

  • Trauma masa lalu. 
  • Perasaan takut dihakimi, gagal, perfeksionis dan lain-lain. 
  • Pola didik orang tua. 
  • Menghadapi perubahan baru dalam kehidupan. 

Cara Mengatasi Rasa Malu

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa rasa malu bukanlah yang sifatnya bawaan lahir maupun sebuah takdir. Seseorang yang pemalu bisa mengubahnya menjadi percaya diri jika mengetahui cara yang tepat. 

Memiliki kepercayaan diri merupakan modal penting di tempat kerja. Oleh sebab itu sebagai pekerja penting untuk dapat mengatasi rasa malu ketika sedang menghadapi hal-hal baru di lingkungan kerja. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa malu di tempat kerja yang bisa dilakukan:

1. Kenali Penyebab Rasa Malu

Seseorang tidak mungkin selalu merasa malu sepanjang waktu. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab seseorang merasa malu. Oleh sebab itu langkah pertama dalam mengatasi rasa malu adalah mengenali penyebabnya. 

Apakah kamu merasa malu karena takut melakukan kesalahan? Atau mungkin karena khawatir akan penilaian rekan kerja? Dengan memahami sumber rasa malu, kamu bisa mencari solusi yang lebih tepat. Cobalah untuk mencatat situasi-situasi di mana kamu merasa malu dan perhatikan pola-pola tertentu yang mungkin muncul.

2. Fokus pada Kelebihan

Mengutip dari Harvard Resource Solution, seseorang bisa merasa malu pada situasi tertentu karena mereka cenderung lebih banyak berfokus pada kekurangan diri sendiri. Hal tersbeut bisa menyebabkan perasaan negatif menguasai diri dan jadi meremehkan diri sendiri. 

Oleh sebab itu cara mengatasi rasa malu yang selanjutnya adalah fokus pada kelebihan yang dimiliki. Hal itu akan membantu kamu untuk menjadi lebih rileks dan percaya diri. 

Tidak perlu menjadi orang lain untuk mengatasi rasa malu. Kamu hanya perlu memahami apa kelebihan yang kamu miliki untuk mengatasi perasaan malu dan rendah diri yang muncul pada situasi tertentu. 

3. Persiapkan Diri dengan Baik

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa malu adalah dengan melakukan persiapan yang baik. Jika kamu mengetahui ada rapat atau presentasi penting, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. 

Pelajari materi yang akan dibahas, latihan lebih banyak, dan persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan. Semakin baik persiapan, semakin kecil kemungkinan merasa malu dan gugup.

4. Mulailah dengan Langkah Kecil

Mulailah mengatasi rasa malu dengan mengambil langkah-langkah kecil. Misalnya, cobalah untuk berani berbicara dalam rapat kecil sebelum mencoba berbicara di depan seluruh departemen. Atau, ajak rekan kerja untuk makan siang bersama untuk membangun hubungan yang lebih baik. Langkah-langkah kecil ini akan membantu merasa lebih nyaman dan percaya diri seiring waktu.

5. Banyak Bertanya

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan banyak pertanyaan kepada lawan bicara. Hal ini akan membantu kamu untuk menenangkan diri dan menjaga percakapan tetap berlanjut tanpa perasaan canggung. 

Orang-orang pemalu, cenderung akan kesusahan untuk berbicara banyak di depan orang lain apalagi yang baru ditemui. Oleh sebab itu untuk mengatasinya kamu bisa mengajukan lebih banyak pertanyaan kepada lawan bicara.

Biarkan mereka lebih banyak berbicara dan menanggapi pertanyaan yang disampaikan. Dengan demikian kamu bisa mempersiapkan diri untuk melanjutkan percakapan dan mengatur diri agar merasa lebih nyaman.

6. Jangan Menunda

Menunda-nunda bisa meningkatkan tingkat kecemasan seseorang. Hal ini akan memperburuk rasa malu yang dimiliki. 

Untuk menghindari hal tersebut maka jangan sampai banyak melakukan penundaan. Lakukan hal-hal yang perlu dilakukan sesegera mungkin, hal ini termasuk dalam mempersiapkan diri ketika harus berbicara di depan umum atau menghadapi situasi tertentu. Luangkan lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan yang matang. 

Itu tadi adalah cara mengatasi rasa malu di tempat kerja. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki momen-momen tertentu yang menyebabkan munculnya rasa malu, dan yang terpenting adalah bagaimana cara menghadapinya dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Semoga bermanfaat!

Kelas HR

Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *