fbpx
Skip to content

5 Cara Menghilangkan Rasa Malu Ketika Berbicara di Depan Umum

5 Cara Menghilangkan Rasa Malu Ketika Berbicara di Depan Umum
5 Cara Menghilangkan Rasa Malu Ketika Berbicara di Depan Umum

75% populasi manusia di dunia mengalami kecemasan untuk berbicara di depan umum. Angka tersebut lebih besar dibandingkan persentase ketakutan terhadap kematian. Oleh sebab itu banyak yang mencari cara menghilangkan rasa malu saat berbicara di depan umum.

Rasa malu dan cemas yang muncul saat harus berbicara di depan umum memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan pribadi. Komunikasi sebagai salah satu skill dasar bagi manusia memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan baik di dunia kerja, pendidikan, maupun dalam kegiatan sosial. 

Rasa malu bisa menghambat kemampuan kita untuk menyampaikan pesan dengan efektif dan meyakinkan. Namun, jangan khawatir karena hal tersebut masih bisa diatasi, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan rasa malu ketika berbicara di depan umum. 

Penyebab Munculnya Rasa Malu Saat Berbicara di Depan Umum

Malu merupakan emosi yang umum dirasakan oleh manusia. Perasaan ini muncul sebagai reaksi dari faktor-faktor eksternal yang ada di sekitar manusia. Rasa malu atau kecemasan saat berbicara di depan umum dikenal dengan istilah Glossophobia. 

Mengutip dari Supportive Care ABA, sekitar 200 juta penduduk dunia mengalami gugup saat harus berbicara di depan umum. Mengutip dari BBC, Thalia Eley, seorang profesor genetika dari King’s College London menyebutkan bahwa sebagian besar sifat pemalu muncul sebagai respon terhadap lingkungan. Biasanya seseorang merasa malu, cemas dan gugup untuk berbicara di depan umum karena beberapa alasan, diantaranya adalah:

  • Takut salah.
  • Takut terhadap penilaian orang lain. 
  • Tidak ada persiapan sebelumnya. 
  • Trauma masa lalu.

Seseorang yang tidak memiliki persiapan yang matang cenderung lebih mudah merasa cemas dan malu untuk berbicara di depan umum. Oleh sebab memberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri bisa membantu mengatasi rasa malu dan cemas ketika harus berbicara di depan umum. 

Cara Menghilangkan Rasa Malu Saat Berbicara di Depan Umum

Memiliki rasa malu bukanlah hal yang buruk. Rasa malu bisa menjadi kontrol diri dalam lingkungan sosial. Selain itu rasa malu juga mendorong kamu untuk selalu mempersiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. 

Dalam beberapa kondisi rasa malu memang bisa menjadi penghambat. Ketika mengalaminya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malu dan membuat lebih percaya diri:

1. Persiapan yang Matang

Pertama adalah melakukan persiapan. Persiapan merupakan kunci utama untuk mengatasi rasa malu saat berbicara di depan umum.

Kamu bisa melakukan penelitian yang mendalam tentang topik yang akan disampaikan. Semakin baik memahami materi, semakin percaya diri ketika harus berbicara di depan orang lain. Jika perlu buatlah catatan penting yang berisi poin-poin yang akan disampaikan mulai dari pembukaan, isi, hingga penutup. 

2. Pelajari Bahasa Tubuh

Cara menghilangkan rasa malu saat berbicara di depan umum adalah mulai menggunakan bahasa tubuh untuk membantu mengurangi ketegangan selama menjadi pusat perhatian. ketika berada di hadapan audiens, menjaga tubuh tetap tenang dan rileks adalah kunci untuk mengatasi rasa malu yang muncul. 

Bahasa tubuh memainkan peran penting dalam komunikasi dan dapat mempengaruhi bagaimana audiens merespons informasi yang disampaikan. Hal ini dimulai dengan postur tubuh yang baik. 

Postur yang baik menunjukkan kepercayaan diri dan membantu kamu merasa lebih percaya diri. Berdiri dengan tegak, hindari menyilangkan tangan atau bersembunyi di belakang podium, karena ini bisa menunjukkan rasa tidak percaya diri.

3. Fokus pada Audiens

Selanjutnya, dibandingkan fokus dengan perasaan malu, takut, dan cemas, yang muncul dari dalam diri sendiri, fokus pada audiens akan membantu menjadi lebih rileks. Kamu bisa menjaga kontak mata dengan audiens untuk membangun hubungan dan membuatmu terlihat lebih percaya diri. 

Namun, jangan terpaku pada satu orang atau satu titik saja. Hal itu akan membuat kamu semakin gugup. Pastikan untuk mengedarkan pandangan ke seluruh audiens yang ada. Dengan berfokus pada audiens kamu bisa membaca situasi yang ada di depan sehingga bisa membantu suasana menjadi lebih mengalir. 

4. Fokus pada Pesan yang Disampaikan

Ketika harus berbicara di depan umum, alihkan fokus dari diri sendiri ke pesan yang ingin disampaikan. Ingatlah bahwa tujuan utama berbicara di depan umum adalah untuk menyampaikan informasi bukan memikirkan penilaian mereka terhadap pembicara. Dengan memfokuskan pada pesan yang disampaikan, dapat mengurangi rasa malu dan meningkatkan kualitas presentasi.

5. Perbanyak Berlatih

Latihan adalah poin penting dalam upaya menghilangkan rasa malu saat berbicara di depan umum. Perbanyak mengikuti kegiatan sosial, dorong diri sendiri untuk terlibat dalam berbagai diskusi bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa malu saat berbicara di depan umum. 

Itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan rasa malu ketika berbicara di depan umum. Upaya ini tidak bisa dilakukan dengan instan, perlu waktu dan juga usaha yang konsisten. 

Kelas HRGrow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *