fbpx
Skip to content

7 Cara Upgrade Diri di Tempat Kerja Agar Karir Cemerlang

7 Cara Upgrade Diri di Tempat Kerja Agar Karir Cemerlang

Ingin meningkatkan kualitas diri sendiri tapi bingung memulai dari mana? Atau merasa tidak memiliki waktu karena sibuk bekerja? Berikut ini adalah beberapa cara upgrade diri yang bisa dilakukan di tempat kerja. 

Bagi beberapa pekerja terkadang frustasi karena merasa tidak berkembang dan memiliki banyak skill padahal sudah lama bekerja. Selain itu ketika memiliki keinginan untuk upgrade diri tapi tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya karena sibuk bekerja seharian. 

Memperbaiki diri sendiri bisa dimulai dengan langkah yang sederhana. Menurut Better Up, memperbaiki diri bisa dimulai dengan serangkaian perubahan kecil untuk menjadi perubahan besar. Dengan demikian upgrade diri tidak melulu harus melakukan satu gebrakan besar dalam waktu singkat.

Apa Pentingnya Upgrade Diri?

Memperbaiki diri sendiri tidak berarti harus mengubah jati diri. Namun proses ini sebaiknya dimaknai sebagai proses untuk menjadi diri sendiri tapi dalam versi yang lebih baik. 

Sebagai contoh, seorang pekerja ingin mengetahui cara upgrade diri untuk meningkatkan kemampuannya dalam bekerja, meningkatkan performa, mendapatkan promosi dan sebagainya. Melakukan proses perbaikan diri sendiri adalah bentuk dari mencintai diri sendiri. 

Dengan memperbaiki diri sendiri juga akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan lainnya. Selain itu memperbaiki diri juga merupakan kemampuan berharga yang perlu untuk dimiliki. 

Dengan memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri akan sangat berguna untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi. Dengan memperbaiki diri terus menerus juga dapat memberikan kepercayaan diri dan membantu mengatasi ketidaknyamanan atas apa yang akan terjadi di masa depan. 

Bagaimana Cara Upgrade Diri di Tempat Kerja?

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa memperbaiki diri bisa dimulai dengan langkah-langkah kecil. Berikut ini adalah beberapa cara upgrade diri yang bisa dilakukan pekerja agar menjadi lebih baik di tempat kerja:

1. Membaca

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk belajar adalah membaca. Dengan sering membaca akan menambah pengetahuan dan pemahaman tentang sesuatu. Hal ini akan berguna apabila sedang mempelajari suatu hal baru terutama yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Sebagai langkah awal tidak perlu memaksakan diri untuk membaca banyak buku sekaligus. Dalam belajar hal baru bisa juga menggunakan teknik kaizen dengan menyempatkan waktu 1 menit setiap hari untuk melakukan sesuatu secara konsisten hingga menjadi kebiasaan. 

2. Membangun networking

Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja maupun atasan merupakan hal yang perlu dijaga. Sebab memiliki koneksi yang yang baik bisa menjadi salah satu jalan meraih tujuan yang diinginkan. 

3. Identifikasi keterampilan yang dibutuhkan

Menurut Indeed, apabila ingin memajukan karir profesional penting sekali untuk mengidentifikasi keterampilan khusu yang dibutuhkan untuk posisi yang diinginkan. Tak hanya mempelajari kemampuan dasar, namun sebaiknya pelajari pula kemampuan lain yang bisa mendapatkan nilai unggul dibandingkan kompetitor.

4. Mendaftar pelatihan

Agar mempermudah belajar keterampilan baru, ada baiknya untuk mendaftarkan diri ke kelas pelatihan. Hal ini akan membantu memahami keterampilan baru secara lebih mendalam. Selain itu pekerja juga bisa mendapatkan bukti apabila mengikuti sertifikasi untuk kemampuan tertentu. 

5. Atur ulang jadwal

Tak jarang yang mengeluhkan tak punya banyak waktu untuk belajar hal baru. Hal ini bisa saja karena pekerja tersebut tidak memiliki manajemen waktu yang baik. 

Oleh sebab itu ketika sudah komitmen untuk upgrade diri coba atur ulang jadwal. Buat jadwal baru yang efektif dan memaksimalkan waktu untuk melakukan hal-hal yang produktif. Demikianlah 5 cara upgrade diri di tempat kerja. Melakukan perubahan dan perbaikan diri bukanlah hal yang instan oleh sebab itu diperlukan komitmen dan keinginan untuk terus belajar hal baru agar tujuan bisa tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *