fbpx
Skip to content

Apa Itu Compliance Management dan Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Apa Itu Compliance Management dan Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan perlu memperhatikan compliance management atau manajemen kepatuhan. Sebab kepatuhan tersebut merupakan faktor yang sangat krusial dalam kelangsungan operasional bisnis perusahaan. Lantas apa itu compliance management?

Compliance Management mengacu pada suatu pendekatan sistematis untuk memastikan bahwa perusahaan sudah beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Compliance management ini tentunya sangat penting bagi kelangsungan perusahaan itu sendiri. Untuk memahami lebih lanjut mengenai compliance management, maka simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Compliance Management?

Setiap kegiatan bisnis selalu bersinggungan dengan hukum. Oleh sebab itu mematuhi hukum yang berlaku merupakan hal yang sangat krusial dalam menjaga kelancaran operasional bisnis suatu perusahaan. 

Kegiatan mengelola risiko yang timbul dari aspek hukum tersebut dinamakan Compliance Management. Dilansir dari Badan Standarisasi Nasional, menjelaskan mengenai apa itu compliance management yang mana merupakan pendekatan terstruktur untuk mengelola risiko hukum serta memastikan bahwa perusahaan sudah beroperasi sesuai dengan ketentuan dalam regulasi yang berlaku.

Dalam compliance management ini umumnya meliputi beberapa komponen seperti  kebijakan, prosedur, penilaian risiko, dan praktik bisnis. Selain itu kegiatan dalam compliance management ini juga mencakup pemantauan, evaluasi, dan penyesuaian terhadap perubahan kebijakan yang berlaku dalam lingkup industri yang relevan, sehingga perusahaan dapat menghindari risiko hukum yang merugikan.

Manajemen kepatuhan tidak hanya berkaitan dengan kepatuhan terhadap hukum, tetapi juga mencakup kepatuhan terhadap standar etika industri dan kebijakan internal perusahaan. Compliance Management memastikan bahwa perusahaan tidak hanya menjalankan operasinya dengan cara yang sah, tetapi juga etis dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Pentingnya Compliance Management bagi Perusahaan

Manajemen kepatuhan memberikan manfaat yang positif bagi perusahaan. Tak hanya memastikan perusahaan mematuhi kebijakan yang berlaku, namun juga memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Hukum

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa manajemen kepatuhan atau compliance management ini memastikan perusahaan mematuhi kebijakan yang berlaku. Dengan demikian hal ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola risiko hukum dengan lebih efektif. 

Dengan memahami dan mengikuti peraturan, perusahaan dapat menghindar kemungkinan mendapatkan sanksi hukum. Jika perusahaan mendapatkan sanksi hukum tertentu dapat berisiko membuat kegiatan operasional perusahaan menjadi terganggu yang mana menyebabkan perusahaan bisa mengalami kerugian. 

2. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Selanjutnya, manfaat compliance management di perusahaan bisa membangun reputasi yang positif di mata pemegang saham, pelanggan, dan mitra bisnis. Dengan mematuhi regulasi bisa meningkatkan kepercayaan dari para stakeholder yang terlibat yang mana hal itu menjadi aset berharga bagi perusahaan. 

3. Efisiensi Operasional Perusahaan

Compliance Management ternyata juga berperan penting dalam membantu perusahaan mengelola proses operasional dengan lebih efisien. Dengan memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, perusahaan dapat menghindari gangguan operasional yang dapat muncul karena pelanggaran hukum.

4. Mengelola Risiko Keuangan

Salah satu sanksi yang bisa didapatkan perusahaan jika melakukan pelanggaran terhadap regulasi yang berlaku adalah mendapatkan denda. Dengan demikian, apabila perusahaan mematuhi aturan yang ada maka dapat membantu perusahaan menghindari sanksi yang bisa menimbulkan kerugian keuangan bagi perusahaan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai apa itu compliance management. Compliance management bukan hanya sekedar mematuhi hukum yang berlaku namun juga merupakan strategi bisnis yang cerdas bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *