fbpx
Skip to content

Promosi Jabatan: Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Promosi Jabatan: Manfaat dan Cara Mendapatkannya
promosi jabatan adalah peningkatan status pekerjaan seseorang dari posisi saat ini ke posisi yang lebih tinggi. Dengan promosi ini juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan tanggung jawab serta gaji yang lebih besar. 

Ketika memulai karir di suatu bidang tertentu, tentunya terkadang ada keinginan untuk memiliki jenjang karir yang lebih tinggi di masa depan. Nah, untuk mendapatkan itu kamu bisa meminta promosi jabatan kepada atasan. 

Lantas apa yang dimaksud dengan promosi jabatan? Untuk mengetahui pengertian, manfaat dan juga cara mendapatkannya, simak penjelasan di bawah ini. 

Pengertian Promosi Jabatan

Menurut Indeed promosi jabatan adalah peningkatan status pekerjaan seseorang dari posisi saat ini ke posisi yang lebih tinggi. Dengan promosi ini juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan tanggung jawab serta gaji yang lebih besar. 

Sebagai contoh seorang HR assistant mendapatkan promosi untuk naik jabatan menjadi HR specialist. HR assistant merupakan titik awal seseorang ketika ingin berkarir di bidang human resource. Secara tanggung jawab dan gaji tentunya HR specialist memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan gaji yang lebih tinggi. 

Manfaat Promosi Jabatan

Ketika mendapatkan promosi, selain mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar terdapat banyak pula manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Kenaikan gaji

Salah satu manfaat paling jelas dari promosi jabatan adalah kenaikan gaji dan tunjangan. Seiring dengan naiknya tingkat jabatan, biasanya gaji yang didapatkan juga akan meningkat sesuai dengan tanggung jawab dan kontribusinya di perusahaan. 

2. Pengembangan karir

Selanjutnya, manfaat yang bisa didapatkan dengan naik jabatan adalah mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karirnya di perusahaan. Promosi ini membuka lebih banyak kesempatan untuk menduduki posisi strategis di perusahaan seperti manajer departemen, kepala divisi, atau bahkan eksekutif tingkat tinggi.

3. Peningkatan keterampilan

Dengan promosi jabatan seseorang akan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar dan juga mendapatkan tantangan baru. Hal ini tentunya dapat membantu karyawan untuk dapat tumbuh secara profesional, mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya.

4. Peningkatan retensi karyawan

Selain bermanfaat bagi karyawan, pemberian promosi ini juga membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan karyawan terbaik yang ada di perusahaan. Dengan demikian hal itu juga akan berdampak baik pada produktivitas dan profitabilitas perusahaan. 

Cara Mendapatkan Promosi Jabatan

Ketika berencana untuk meminta promosi kepada atasan, pastikan kamu sudah melakukan beberapa hal di bawah ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan promosi:

1. Meningkatkan kinerja

Salah satu cara untuk mendapatkan promosi adalah dengan meningkatkan kinerja. Tunjukkan dedikasi, inisiatif, dan kemampuan untuk memberikan hasil yang signifikan dalam tugas dan tanggung jawab saat ini.

2. Membangun hubungan baik

Tak hanya meningkatkan kualitas diri sendiri, namun penting pula untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Hal ini akan membantu kamu menciptakan kesan positif dan menunjukkan kontribusi kepada perusahaan. 

3. Mengumpulkan bukti

Sebelum mengajukan promosi kepada atasan, pastikan juga kamu sudah mengumpulkan data-data yang menjadi bukti atas kinerja yang sudah kamu lakukan. Data-data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi atasan dan menjadi alasan untuk mempromosikan dibanding orang lain. 

Untuk mendapatkan promosi jabatan meng tidaklah mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin, jika kamu ingin mendapatkan promosi pastikan untuk menunjukkan kepada atasan bahwa kamu memang layak untuk mendapatkan tanggung jawab tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *