fbpx
Skip to content

Mengenal Ciri Ciri Kepribadian Ambivert, Kombinasi Ekstrovert-Introvert

Mengenal Ciri Ciri Kepribadian Ambivert, Kombinasi Ekstrovert-Introvert
Mengenal ciri-ciri kepribadian ambivert

Kepribadian manusia sangat unik untuk dipelajari. Kamu mungkin pernah mendengar introvert dan ekstrovert. Namun ada satu jenis kepribadian lain yaitu ambivert. Lantas apa itu ambivert dan bagaimana ciri-ciri kepribadian ambivert tersebut. 

Ambivert dikenal juga sebagai kombinasi antara ekstrovert dan introvert. Untuk tahu lebih jelasnya mengenai ambivert, simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Kepribadian Ambivert

Ambivert adalah seseorang yang bisa menjadi introvert dan ekstrovert tergantung pada situasi, tujuan dan suasana hati mereka. Dengan demikian seorang ambivert bisa memiliki kemampuan sosialisasi yang baik namun juga terkadang menjadi seorang yang penyendiri pada waktu tertentu.

Dilansir dari science Of People, ambivert juga dikenal dengan beberapa sebutan. Berikut ini adalah beberapa istilah lain untuk menyebut ambivert:

  • Outgoing introvert, yaitu seorang introvert yang bisa lebih mudah berinteraksi dan ramah tamah di situasi tertentu atau ketika benar-benar membutuhkannya.
  • Antisocial ekstrovert yaitu ekstrovert yang membutuhkan waktu menyendiri untuk mengisi ulang energi mereka. Orang-orang ekstrovert ini lebih suka menyendiri jika dibanding ekstrovert lainnya. 
  • Social introvert yaitu introvert yang dapat beralih menjadi ekstrovert ketika sedang dibutuhkan. 

Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert

Introvert adalah orang yang lebih suka menyendiri dan berinteraksi dengan beberapa orang tertentu saja jika memang diperlukan. Sedangkan ekstrovert adalah orang yang lebih ekspresif dan menyukai berada disekitar banyak orang.

Jika kamu merasa tidak cenderung pada keduanya, atau merasa kedua sifat tersebut sebenarnya semuanya ada pada dirimu, bisa jadi kamu adalah seorang ambivert. Lantas bagaimana ciri-ciri kepribadian ambivert tersebut? Berikut ini adalah ciri-cirinya:

1. Fleksibel dan adaptif

Ciri yang pertama adalah fleksibel dan adaptif. Seorang ambivert memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial sesuai dengan situasi tertentu. Mereka bisa dengan mudah berbaur dengan lingkungan yang berbeda dan merasa nyaman dalam keadaan yang ramai maupun sepi.

2. Pendengar yang baik

Bagian dari introvert yang ada pada diri ambivert adalah mereka mampu menempatkan diri mereka untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Mereka juga cenderung tidak mendominasi percakapan.

3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Tak hanya menjadi pendengar yang baik, ambivert juga memiliki kemampuan berbicara dengan baik, baik di depan umum maupun dalam kelompok kecil. Mereka mampu menyampaikan ide dan pendapat dengan jelas tanpa menjadi terlalu berlebihan atau terlalu pendiam.

4. Bersifat empati

Ciri kepribadian ambivert yang selanjutnya adalah kemampuan empati yang tinggi. Mereka dapat memahami perasaan orang lain dengan baik dan menjadi teman yang baik untuk berbagi masalah.

5. Menikmati waktu sendiri

Meskipun menyukai interaksi sosial, ambivert juga merasa nyaman ketika bersendirian. Mereka menemukan energi dan ketenangan dalam kesendirian. Hal ini berbeda dengan ekstrovert yang mana cenderung merasa terisolasi dan kesepian dalam situasi tersebut.

6. Sulit diprediksi

Ambivert bisa sulit diprediksi karena mereka bisa tampil sebagai ekstrovert di satu kesempatan dan sebagai introvert di kesempatan berikutnya. Sifat ini menambah daya tarik mereka dalam berinteraksi dengan orang lain.

7. Kemampuan menyesuaikan diri dengan lawan bicara

Ciri ambivert lainnya adalah kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri dengan lawan bicaranya. Dalam sebuah kelompok ambivert sangat dibutuhkan karena dapat memberikankeseimbangan dalam komunikasi. 

Ambivert bisa membantu memecah kesunyian, namun mereka juga memberikan kesempatan bagi introvert untuk memulai percakapan dengan perasaan yang lebih nyaman. Dengan demikian ambivert bisa menyesuaikan dirinya dengan baik tergantung dengan siapa mereka berhadapan. 

Nah, itu tadi adalah ciri-ciri kepribadian ambivert. Apakah kamu termasuk salah satunya? Penting juga untuk diingat bahwa setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing dan saling melengkapi dalam kehidupan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *