fbpx
Skip to content

Jangan Diremehkan, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi yang Perlu Kamu Tahu!

Ini dia manfaat bangun pagi yang perlu kamu tahu

Bangun lebih awal di pagi hari ternyata memiliki segudang manfaat yang sayang sekali jika dilewatkan. Beberapa manfaat bagung pagi diantaranya adalah dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental. 

Bangun lebih awal sering diasosiasikan sebagai bentuk paksaan sebab banyak kegiatan yang dimulai di pagi hari seperti bekerja dan sekolah. Dengan demikian orang-orang tersebut lebih merasa terpaksa bangun di pagi hari daripada menjadikan bangun pagi tersebut sebagai kebiasaan yang sehat. 

Manfaat Bangun Pagi

Meskipun terasa seperti sebuah paksaan, kamu harus tahu bahwa menjadikan bangun lebih awal di pagi hari sebagai kebiasaan ternyata memiliki banyak manfaat tak hanya bagi kesehatan fisik namun juga bagi kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat bangun lebih awal di pagi hari:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Dilansir dari Halodoc, bangun pagi dapat meningkatkan fungsi kognitif. Kebiasaan bangun pagi membuat otak lebih mudah berkonsentrasi, waspada dan berenergi sepanjang hari. Hal ini juga berkaitan dengan kualitas tidur yang baik. 

Orang yang bangun lebih awal biasanya memiliki jam tidur yang lebih awal juga dengan demikian tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur lebih awal dapat meningkatkan energi dan suasana hati, selain itu juga tubuh merasa lebih segar untuk memulai aktivitas keesokan harinya. 

2. Menjaga kesehatan kulit

Bangun pagi selalu diasosiasikan dengan waktu tidur yang cukup. Sebab orang-orang yang memiliki kebiasaan ini biasanya tidur pada waktu yang sudah ditentukan dan menghindari begadang di malam hari. 

Memiliki siklus tidur yang normal dan waktu istirahat yang cukup membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih mudah dan segar. Sebab pada saat tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel kulit, memperbaiki kerusakan dan meningkatkan kolagen. 

3. Memiliki waktu yang cukup untuk sarapan

Ketika bangun kesiangan kamu akan cenderung melewatkan banyak hal, termasuk sarapan. Padahal asupan sarapan di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Oleh sebab sebab itu salah satu manfaat bangun pagi yang sayang sekali jika kamu lewatkan adalah bisa menikmati waktu sarapan dengan tenang. 

4. Meningkatkan mood

Bangun pagi dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Orang-orang yang bangun lebih awal cenderung lebih optimis dan memiliki pikiran yang positif. Dengan demikian orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit mental seperti depresi, stres dan kecemasan. 

Berdasarkan penelitian, orang yang tidur lebih awal memiliki risiko lebih kecil mengalami kecemasan dan depresi daripada mereka yang tidur larut dan bangun lebih siang. Dengan mengubah kebiasaan tidur lebih awal sekitar dua jam dapat menurunkan tingkat stress dan depresi. 

5. Memiliki waktu untuk diri sendiri

Ketika bangun lebih awal kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Seperti mempersiapkan kegiatan harian, melakukan hobi, berolahraga dan lain sebagainya.

Dengan demikian kamu bisa mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi pada hari itu dengan mempersiapkannya sejak pagi. Selain itu kebiasaan tidur dan bangun lebih awal juga bisa membuat kamu menjadi lebih produktif di pagi hari. 

Itu tadi adalah beberapa manfaat bangun pagi yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Memiliki kebiasaan untuk tidur lebih awal dan bangun di pagi hari tanpa disadari ternyata memberikan dampak positif bagi kesehatan secara menyeluruh baik itu kesehatan fisik hingga kesehatan mental. Bangun lebih awal membuat tubuh menjadi lebih bugar dan membuat pikiran menjadi lebih positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Diremehkan, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi yang Perlu Kamu Tahu!
× Chat Admin Kelas HR