fbpx
Skip to content

5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Ujian Sertifikasi HR

Mengambil kreputusan untuk melakukan sertifikasi di bidang Human Resource merupakan keputusan yang tepat. Sebab berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan No. M/5.HK.04.00/VII/2019, pekerja di bidang manajemen sumber daya manusia wajib memiliki sertifikasi kompetensi. Oleh sebab itu segera persiapkan diri dengan melakukan beberapa tips mempersiapakan diri sebelum ujian sertifikasi HR di bawah ini. 

Selain sebagai bentuk kepatuhan hukum, melakukan sertifikasi kompetensi juga menjadi bukti bahwa tenaga kerja memiliki kompetensi yang sesuai pada bidang pekerjaan tersebut. Nah, agar sukses dalam melakukan sertifikasi di bidang HR ini, simak beberapa persiapan yang bisa dilakukan berikut ini. 

Pentingnya Sertifikasi HR

Sebagai pekerja profesional memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan akan memberikan dampak positif baik itu bagi diri sendiri maupun bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan dari melakukan sertifikasi:

1.Menjamin kualitas SDM

Manfaat yang pertama adalah bisa menjamin kualitas seorang pekerja. Dengan melakukan sertifikasi maka pekerja bisa membuktikan bahwa dirinya memang memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.

2. Meningkatkan kinerja

Manfaat selanjutnya dari melakukan sertifikasi adalah bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas. Sebab sertfikasi meilibatkan pelatihan dan pengembangnan keterampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan dipilih. Dengan demikian bisa membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas pekerja. 

3. Meningkatkan peluang karir

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Oleh sebab itu penting sekali bagi pekerja untuk memiliki keunggulan dibanding kandidat lainnya, salah satunya adalah dengan melakukan sertifikasi. 

Tips Mempersiapkan Sertifikasi HR

Ketika melakukan sertifikasi, pemahaman yang kamu miliki akan diuji. Apakah kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan atau tidak. 

Agar bisa melakukan sertifikasi dengan lancar maka kamu harus melakukan persiapan yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan sertifikasi:

1.Mengikuti pelatihan

Untuk mempersiapkan diri mengikuti sertifikasi HR, kamu perlu memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai materi-materi Human Resource. Materi yang akan diujikan tentunya tidak jauh-jauh dari perjanjian kerja, upah, cuti dan lain sebagainya. 

Nah, untuk mendapatkan materi yang lengkap kamu bisa mempersiapkannya dengan mengikuti pelatihan HR dari lembaga-lembaga pelatihan profesional. Kamu bisa mengikuti pelatihan HR dari kelashr.com, selain mendapatkan materi yang lengkap dan sesuai dengan SKKNI BNSP, kamu juga bisa mendapatkan ilmu berharga dengan belajar langsung dari mentor-mentor profesional. 

2. Jangan menghafal

Tips yang selanjutnya adalah jangan menghafal materi. Namun kamu bisa mencoba untuk menerapkan materi yang sudah dipelajari dalam kegiatan sehari-hari. 

Dengan menghafal kamu hanya akan memahami teori dan hal tersebut akan membuat kamu bingung apabila dihadapkan pada situasi riil di dunia nyata. Oleh sebab itu sebaiknya cukup pahami konsepnya saja untuk menemukan jawaban yang tepat. 

3. Mengerjakan latihan soal

Mempersiapkan materi ujian secara komprehensif perlu sekali dilakukan sebelum melakukan sertifikasi HR. Oleh sebab itu kamu bisa mencobanya dengan mengerjakan soal-soal latihan.

Dengan sering latihan kamu akan terbiasa untuk menjawab soal-soal yang diberikan dan memahami isi dari pertanyaan yang disampaikan. Ketika belajar latihan soal, jangan hanya terpaku pada jawaban yang benar namun pastikan kamu juga memahami penjelasan dari jawaban tersebut. 

4. Melatih waktu

Selain latihan soal, kamu juga harus memperhatikan waktu yang kamu gunakan untuk mengerjakan soal-soal sertifikasi. Sebab saat ujian waktu yang kamu miliki sangat terbatas. Oleh sebab itu ketika mengerjakan latihan soal, latih juga manajemen waktu kamu dalam mengerjakannya agar tidak kehabisan waktu saat melakukan ujian sungguhan.

5. Istirahat yang cukup

Meskipun ingin mendapatkan hasil yang terbaik, namun jika kamu terlalu memforsir diri justru bisa menyebabkan jadwal yang sudah kamu susun sedemikian rupa menjadi gagal. Oleh sebab itu pastikan untuk membagi jadwal yang sehat untuk mempersiapkan ujian sertifikasi dengan waktu istirahat. Sebab dengan istirahat yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar.. 

Itu tadi adalah beberapa tips mempersiapkan diri untuk mengikuti sertifikasi HR. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Ujian Sertifikasi HR
× Chat Admin Kelas HR