fbpx
Skip to content

Apa Pentingnya Objective Key Result Untuk Pengembangan Perusahaan dan Karyawan?

Apa Pentingnya Objective Key Result Untuk Pengembangan Perusahaan dan Karyawan?

OKR (Objective Key Result) merupakan salah satu metode manajemen performa yang banyak digunakan. Meski demikian istilah yang satu ini mungkin masih terdengar asing, padahal ada banyak peran pentingnya Objective Key Result untuk pengembangan perusahaan dan karyawan. 

Dalam era bisnis yang semakin kompetitif dan dinamis, perusahaan perlu memiliki tujuan yang jelas dan terukur untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Inilah mengapa OKR menjadi alat yang penting dalam pengembangan perusahaan dan karyawan. 

Apa yang Dimaksud dengan Objective Key Results?

Sebelum mengetahui apa pentingnya Objective Key Result (OKR) untuk pengembangan perusahaan dan karyawan, kamu perlu tahu apa yang dimaksud dengan OKR terlebih dahulu. OKR adalah salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur performa kerja karyawan. 

Dalam OKR penilaian performa karyawan dinilai berdasarkan hasil bukan hanya sekedar aktivitas. OKR memiliki tiga komponen utama yang terdiri dari:

  • Objective (Tujuan): Tujuan adalah gambaran besar tentang apa yang ingin dicapai perusahaan. Tujuan harus bersifat jelas, inspiratif, ambisius tapi tetap realistis.
  • Key Results (Hasil Kunci): Key Results adalah langkah-langkah konkret yang dapat diukur untuk mencapai tujuan. Key result ini harus spesifik, dapat diukur, dan realistis.
  • Initiative (Inisiatif): Initiative yaitu apa yang akan dilakukan untuk mencapai OKR yang sifatnya relevan, spesifik, terkontrol dan memiliki scope yang jelas. 

Pentingnya OKR (Objective Key Result) dalam Pengembangan Perusahaan

OKR adalah metode manajemen performa yang dikembangkan oleh Andy Grove saat menjadi CEO Intel, konsep asal OKR tersebut kemudian menyebar dan akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama karena terbukti memberikan perubahan yang positif pada pertumbuhan perusahaan. 

OKR merupakan metode yang menyelaraskan tujuan dan aktivitas individu maupun tim dengan tujuan strategi perusahaan. Bagi perusahaan penggunaan OKR akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Membantu Tetap Fokus pada Tujuan

OKR membantu perusahaan tetap fokus pada tujuan utama mereka. Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terukur, perusahaan dapat menghindari terjebak dalam aktivitas yang tidak mendukung pertumbuhan mereka.

2. Mengukur Kemajuan

Dengan Key Results yang dapat diukur, perusahaan dapat melacak kemajuan mereka secara objektif. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menilai apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

3. Mendorong Kreativitas dan Inovasi

OKR memberi kebebasan kepada karyawan untuk berpikir kreatif dalam mencapai tujuan mereka. Metode OKR menggunakan menyelaraskan pendekatan top-down dan bottom-up sehingga menghasilkan kolaborasi yang seimbang. 

Dengan demikian akan mendorong inovasi dan pengembangan ide-ide baru untuk perkembangan perusahaan. OKR juga mendorong karyawan untuk menetapkan tujuan yang ambisius namun tetap terukur sehingga akan membuat perusahaan lebih berkembang.

4. Transparansi dan Akuntabilitas

OKR mendorong transparansi dalam organisasi. Semua anggota perusahaan bisa mengetahui  apa yang hendak dicapai dan apa yang masih perlu diperbaiki. Hal ini juga mendorong akuntabilitas karena setiap individu dan tim bertanggung jawab atas pencapaian Key Results mereka.

5. Meningkatkan Kolaborasi

OKR dapat menghubungkan tujuan antar departemen atau tim. Hal ini tentunya dapat mendorong kolaborasi dan koordinasi di seluruh organisasi.

Pentingnya OKR dalam Pengembangan Karyawan

Tak hanya penting bagi perusahaan, namun Objective Key Result juga penting untuk pengembangan karyawan. Nah, untuk mengetahui apa pentingnya OKR bagi karyawan, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Peningkatan Kinerja

Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terukur, karyawan dapat lebih mudah mengukur kinerja mereka sendiri. Mereka dapat melihat apakah mereka sudah mencapai Key Results yang ditentukan atau justru membutuhkan perbaikan kinerja. 

2. Pengembangan Karir

OKR dapat membantu karyawan mengidentifikasi pengembangan pribadi mereka. Sebab dengan OKR karyawan dapat menetapkan OKR pribadi yang mendukung tujuan karir mereka.

3. Pengakuan dan Penghargaan

Ketika karyawan mencapai Key Results, maka perusahaan bisa memberikan pengakuan dan penghargaan atas pencapaian mereka. Dengan demikian hal ini akan memberikan dorongan positif dan motivasi pada karyawan untuk memiliki kinerja yang lebih baik.

4. Komunikasi yang Lebih Baik

OKR memfasilitasi komunikasi yang lebih baik antara karyawan dan manajemen. Dengan OKR, semua pihak yang ada di perusahaan bisa menyalurkan ide dan pemikiran mereka mengenai tujuan dan kemajuan perusahaan. 

Nah, itu tadi adalah beberapa peran pentingnya Objective Key Results untuk pengembangan perusahaan dan karyawan. OKR adalah alat yang penting untuk membantu menciptakan fokus, mengukur kemajuan, mendorong inovasi, dan meningkatkan komunikasi di internal perusahaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa Pentingnya Objective Key Result Untuk Pengembangan Perusahaan dan Karyawan?
× Chat Admin Kelas HR