fbpx
Skip to content

Gaji Numpang Lewat Doang? Begini Cara Mengatur Uang Bulanan Biar Gak Boncos!

Gaji Numpang Lewat Doang? Begini Cara Mengatur Uang Bulanan Biar Gak Boncos!

Sering merasa gaji hanya numpang lewat? Pasti kamu belum tahu bagaimana cara mengatur uang bulanan yang efektif dan dijamin anti boncos di akhir bulan. 

Untuk mencapai stabilitas keuangan, memang diperlukan skill mengelola uang yang baik. Untuk memahami apa saja cara-cara yang bisa dilakukan, simak ulasanya dibawah ini.

Cara Mengatur Uang Bulanan

Siapa yang tidak senang jika mendapatkan gaji? Namun terkadang gaji yang didapatkan hanya seperti “numpang lewat”. Hal ini bisa terjadi karena manajemen keuangan yang kurang baik. 

Nah, untuk mengantisipasi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar gaji bulanan yang kamu miliki tidak hanya numpang lewat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Ubah Mindset

Dalam mengatur keuangan yang efektif hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah mindset kita mengenai uang. Sebab tanpa mindset keuangan yang baik, rencana sebaik apapun tidak akan berguna. 

Dalam mengelola keuangan bukan uang yang mengatur kita, tapi kita yang mengatur uang. Dalam buku Psychology of Money terdapat salah satu pola pikir yang perlu dihindari yaitu scarcity mindset atau pola pikir kelangkaan. Pola pikir ini akan membuat kamu selalu merasa tidak memiliki cukup uang. 

Scarcity mindset akan membentuk asumsi bahwa kelangkaan akan menyebabkan apa yang kamu miliki tidak cukup. Sehingga dengan kekhawatiran ini akan mendorong kamu untuk terus membeli barang-barang untuk mengisis kekosongan padahal sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkannya. 

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Selanjutnya, cara mengatur uang bulanan yang efektif dan anti boncos di akhir bulan adalah dengan menetapkan tujuan keuangan dari awal. Menetapkan tujuan keuangan adalah proses yang penting dalam menentukan arah pengelolaan gaji bulanan yang kamu miliki. Tujuan keuangan ini dapat berupa beberapa hal berikut:

  • Membayar hutang.
  • Membeli rumah atau mobil.
  • Menyisihkan dana untuk pendidikan anak-anak.
  • Menyimpan untuk liburan atau pensiun.
  • Meningkatkan investasi.

3. Buat Anggaran yang Realistis

Langkah berikutnya dalam mengelola gaji bulanan adalah membuat anggaran yang realistis. Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai kamu perlu membuat anggaran dan batasan yang jelas mengenai pengeluaran yang akan kamu lakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Identifikasi semua sumber pendapatan.
  • Setelah itu catat semua pengeluaran bulanan, termasuk tagihan rutin, kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat tinggal, serta pengeluaran lain seperti hiburan atau makan di luar.
  • Jumlahkan semua pengeluaran dan kurangi dengan jumlah pendapatan yang dimiliki, hasil dari perhitungan tersebut akan membantu kamu mendapatkan gambaran tentang berapa banyak uang yang dikeluarkan dan uang yang tersisa.

4. Simpan Sebelum Menghabiskan

Mendapatkan gaji memang sangat menyenangkan, namun jangan sampai terlena dan justru membelanjakan uang gajian tersebut untuk hal-hal yang kurang berguna. Sebaiknya sisihkan sebagian dari gaji untuk tabungan sebelum menggunakannya untuk keperluan lain. Dalam mengalokasikan uang untuk tabungan ini kamu bisa membaginya dalam beberapa bentuk:

  • Dana darurat.
  • Dana pensiun.
  • Investasi.

Cara mengatur keuangan bulanan dengan bijak memang memerlukan disiplin dan perencanaan yang matang. Dengan mengubah mindset, menentukan tujuan keuangan, dan membuat anggaran yang realistis maka akan membantu kamu untuk mencapai stabilitas keuangan dan tujuan keuangan yang sudah kamu tentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gaji Numpang Lewat Doang? Begini Cara Mengatur Uang Bulanan Biar Gak Boncos!
× Chat Admin Kelas HR