fbpx
Skip to content

5 Cara HR Menjaga Hubungan Baik dengan Karyawan Secara Profesional

5 Cara HR Menjaga Hubungan Baik dengan Karyawan Secara Profesional
5 Cara HR Menjaga Hubungan Baik dengan Karyawan Secara Profesional

Selain merekrut karyawan, seorang HR juga memiliki tugas untuk mengelola karyawan ada di perusahaan. Agar mengelola karyawan dengan efektif, HR perlu menjaga hubungan baik dengan karyawan. 

Sebagaimana yang diketahui bahwa HR memiliki peran penting dalam menjaga hubungan yang harmonis di perusahaan. Baik itu antar karyawan, karyawan dengan manajemen, serta memastikan lingkungan kerja tetap positif untuk menjaga produktivitas perusahaan. Lantas, bagaimana cara agar HR bisa menjaga hubungan yang baik dengan para karyawannya di perusahaan? Yuk simak caranya di bawah ini. 

Posisi HR di Perusahaan 

Dimana posisi seorang HR di perusahaan, apakah berada di pihak perusahaan atau di pihak karyawan? Tak jarang karyawan merasa segan dengan HR karena menganggap HR merupakan kaki tangan perusahaan. Lantas benarkah demikian?

Posisi HR di perusahaan adalah sebagai jembatan antara manajemen dengan karyawan. HR bertanggung jawab untuk mengelola karyawan, menjaga hubungan baik karyawan dengan manajemen, dan disisi lain juga mengelola konflik antar karyawan. 

Mengutip dari HRPods, HR harus pandai menempatkan posisinya ketika berada di perusahaan. Sebab, tugas HR sangat berkaitan dengan individu manusia, dengan demikian dalam menjalankan tugas-tugasnya HR perlu mampu menempatkan diri dengan tepat. 

Di sisi perusahaan, HR merupakan business partner. Meskipun HR tidak secara langsung menghasilkan profit, namun HR membantu perusahaan untuk menghadirkan karyawan-karyawan terbaik untuk menjalankan strategi bisnis perusahaan. HR juga bertanggung jawab untuk mengelola semua karyawan di berbagai divisi, mulai dari rekrutmen, training and development, retention, hingga dapat tercapainya business goals secara keseluruhan.

Di sisi lain, HR juga perlu memastikan bahwa kebijakan perusahaan tidak mencederai hak-hak karyawan dan memastikan perusahaan memenuhi kebutuhan karyawan. Dengan demikian, dalam suatu perusahaan HR memiliki andil yang cukup besar dalam mengelola karyawan dan memastikan kegiatan di perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien. 

Cara HR Menjaga Hubungan Baik dengan Karyawan

Dalam mengelola karyawan, HR perlu menjaga hubungan yang baik dengan karyawan yang ada di perusahaan. Hubungan yang kuat yang terjalin antara anggota perusahaan, dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

Menjaga hubungan yang baik dengan karyawan juga penting untuk menjaga komunikasi yang efektif, meningkatkan motivasi kerja, meningkatkan loyalitas, serta menjaga reputasi perusahaan. Dilansir dari AIHR, seorang HR menjaga hubungan baik dengan karyawan dengan cara berikut ini:

1. Membangun Komunikasi yang Terbuka

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh HR adalah memastikan bahwa HR membangun budaya komunikasi yang terbuka dengan karyawan. Sebab, komunikasi adalah pondasi dari terjalinnya hubungan yang sehat. 

Tak hanya mampu mengkomunikasikan visi dan misi perusahaan kepada karyawan dengan tepat, HR juga perlu menjadi pendengar yang baik. HR perlu memberi kesempatan kepada karyawan untuk turut ikut andil dalam memberikan ide dan pemikirannya dalam tim tanpa perlu merasa takut atau terintimidasi.

2. Bersikap Profesional dan Tidak Memihak

Menjadi HR perlu menjaga profesionalisme kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan tetap produktif. Dalam dunia kerja tidak heran jika mendengar bahwa HR berdiri diantara dua kaki yaitu karyawan dan perusahaan. Sebab, HR merupakan jembatan komunikasi antara manajemen dan karyawan. 

Dalam hal ini HR perlu memastikan bahwa dalam bersikap HR tidak terlalu condong pada satu sisi, namun perlu melihat suatu masalah secara luas. Oleh sebab itu HR perlu memiliki kemampuan untuk menganalisa dan mengambil keputusan yang bijak. 

3. Meningkatkan Pengakuan dan Penghargaan Karyawan

Berikutnya, untuk menjaga hubungan yang baik dengan karyawan adalah dengan meningkatkan pengakuan dan penghargaan terhadap kinerja karyawan di perusahaan. Mengakui kemampuan karyawan dengan memberikan apresiasi adalah salah satu kunci untuk menjaga hubungan yang baik dengan karyawan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan HR untuk meningkatkan pengakuan dan penghargaan terhadap karyawan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penyampaian apresiasi secara pribadi kepada karyawan yang sudah menunjukkan dedikasi dan kerja kerasnya. 
  • Membuat program penghargaan untuk karyawan dengan kinerja terbaik. 
  • Memberikan hadiah, bonus, atau perlakukan khusus kepada karyawan yang sudah memiliki kinerja baik. 

4. Mengelola Konflik dengan Adil

Terakhir, adalah mengelola konflik dengan adil. Favoritism selalu ada dimana-dimana, tidak terkecuali di tempat kerja. 

Sebagai divisi yang mengelola karyawan di perusahaan, HR memiliki peran penting dalam mengelola orang-orang yang ada di perusahaan. Dalam hal ini terkadang konflik tidak bisa dihindari. Untuk menyelesaikan konflik tersebut HR perlu bersikap adil dan profesional. 

HR tidak boleh berpihak pada satu sisi tanpa memperhatikan sisi lainnya. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  • Membuat prosedur manajemen konflik yang jelas. 
  • Mengumpulkan informasi dari semua pihak yang terlibat. 
  • Jika perlu, libatkan pihak ketiga dalam menyelesaikan konflik. 

5. Minta Feedback

Terakhir, untuk menjaga hubungan yang baik dengan karyawan HR bisa meminta feedback dari karyawan mengenai praktik HR yang selama ini dipraktikkan oleh divisi HR. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memberikan pandangannya mengenai bagaimana HR mengelola karyawan bisa menjadi bahan evaluasi yang efektif untuk meningkatkan employee experience di tempat kerja. 

Nah, itu tadi adalah beberapa cara HR menjaga hubungan baik dengan karyawan. Sebagai bagian dari posisi strategis di perusahaan, HR memiliki peran dan tanggung jawab yang kompleks. Tidak hanya mengelola karyawan, namun juga menjadi partner bagi perusahaan untuk memastikan perusahaan mampu mencapai tujuan perusahaan. 

Kelas HR

Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *