fbpx
Skip to content

Menilik Kiprah Dudi Arisandi di Dunia HR Hingga Masuk Jajaran HR Leader Paling Berpengaruh Se-Asia Tenggara

Menilik Kiprah Dudi Arisandi di Dunia HR Hingga Masuk Jajaran HR Leader Paling Berpengaruh Se-Asia Tenggara
Menilik Kiprah Dudi Arisandi di Dunia HR Hingga Masuk Jajaran HR Leader Paling Berpengaruh Se-Asia Tenggara

Dudi Arisandi adalah seorang profesional yang berdedikasi di bidang sumber daya manusia dengan pengalaman yang lebih dari dua dekade. Selama perjalanan karirnya telah banyak pencapaian dan penghargaan yang berhasil diraih dalam dunia HR. 

Sebagai Chief People Officer di Tiket.com, Dudi telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan kemampuan untuk mengubah organisasi melalui berbagai inisiatif HR yang inovatif. Lantas bagaimana cara Dudi Arisandi melakukannya?

Awal Karier

Menjadi sarjana matematika dan mengambil gelar masternya dalam bidang Industrial Engineering ternyata tidak menutup jalan Dudi Arisandi untuk menjadi seorang praktisi HR yang profesional. Karirnya bermula dari menjadi HR Officer di PT Hero Supermarket Tbk pada tahun 2000. Di sini, ia mulai mengasah kemampuannya dalam manajemen sumber daya manusia. 

Pengalaman awal ini memberikan dasar yang kuat bagi Dudi untuk melangkah lebih jauh di bidang HR hingga mendapatkan peningkatan karir. Pada tahun 2005, Dudi bergabung dengan PT Panen Lestari Internusa (Sogo Indonesia) sebagai HR Operation Manager. 

Kemudian, ia pindah ke PT Johnson Home Hygiene Product (SC Johnson) pada tahun 2010, di mana ia bertanggung jawab untuk mengelola tiga pabrik dan memastikan pelaksanaan kebijakan SDM di ketiga pabrik tersebut berjalan selaras. Pada tahun 2014, ia diangkat menjadi Director of Human Resources Business Partner di perusahaan yang sama​.

Kiprah Dudi juga semakin melebar ke kancah Asia Tenggara, yang mana Dudi dipercaya sebagai People and Performance Director di The Kraft Heinz Company. Di sini, ia memimpin inisiatif transformasi HR yang fokus pada pengembangan karyawan dan peningkatan kinerja perusahaan​​.

Keberhasilan di Tiket.com

Bergabungnya Dudi di tiket.com pada Januari 2019 sebagai Chief People Officer memberikan warna baru dalam pengelolaan karyawan di perusahaan. Dengan peran dan tanggung jawab yang besar, Dudi menjalankan seluruh spektrum HR, urusan umum, dan pengadaan untuk lebih dari 1300 karyawan di seluruh Indonesia​. 

Dudi yang dikenal sebagai “Bapak Pantun HR” ini punya cara tersendiri dalam mengelola t-fam (sebutan untuk karyawan tiket.com). Menjadi seorang leader, tidak membuat Dudi menjadi sosok yang susah “disentuh”, dalam praktiknya Dudi justru menerapkan sistem kepemimpinan yang partisipatif dan kolaboratif serta berfokus pada kesejahteraan karyawan secara holistik. 

Mengutip dari wawancara HR World South East Asia, Dudi mengungkapkan bahwa seluruh anggota tim memiliki peran yang penting. Oleh sebab itu, kepemimpinan yang partisipatif dan people oriented yang diusung oleh Dudi  selalu memastikan bahwa seluruh anggota tim bisa berpartisipasi dan mengembangkan diri mereka untuk menjadi lebih baik bergerak maju bersama. 

Transformasi pengelolaan karyawan yang people oriented ala Dudi berhail membawa tiket.com meraih berbagai penghargaan bergengsi di dunia HR.  Di bawah kepemimpinan Dudi dalam mengelola karyawan, Tiket.com diakui sebagai salah satu perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia. Beberapa penghargaan yang berhasil diraih diantaranya adalah:

  • 2020 & 2021 HR Asia Award Best Company to Work For from HR Asia
  • 2021 – Most Caring Company from HR Asia
  • 2021 – Very Good Rating Future HR Readiness from SWA Magazine
  • 2022-2024 HR Asia Award Best Company to Work For from HR Asia.

Dari Sarjana Matematika Jadi HR Leader paling Berpengaruh Se-Asia tenggara

Penghargaan bergengsi tidak hanya diraih dudi sebagai bagian dari tiket.com, tapi juga sebagai HR secara personal. Penghargaan bergengsi seperti The Most Influential HR Leader in Indonesia dari ETHR World Southeast Asia 2024, The 40 Most HR Leaders Across Southeast Asia by Peoplehum dan Top 50 Leaders To Follow in 2024 by People Hum. 

Komitmen Dudi dalam melakukan pendekatan yang holistik saat mengelola karyawan telah membawa banyak pencapaian dan penghargaan yang luar biasa. Hal ini menjadi bukti nyata dari seorang pemimpin yang berhasil mengubah bidang sumber daya manusia melalui dedikasi dan inovasi. 

Pengalaman dan visinya dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif, produktif, kolaboratif dan konstruktif telah membawa Dudi dan Tiket.com ke tingkat yang lebih tinggi. Hal itu juga menjadikan tiket.com sebagai salah satu perusahaan paling diidamkan untuk bekerja di Asia

Kelas HR

Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *