fbpx
Skip to content

Management skill Adalah? Begini Pengertian Dan Cara Meningkatkannya

Management skill Adalah? Begini Pengertian Dan Cara Meningkatkannya
Meta deskripsi: manajemen skill adalah kemampuan untuk mengelola, memimpin dan mengorganisir pekerjaan serta anggota tim. Kemampuan yang satu ini termasuk soft skill yang penting untuk dikuasai oleh seorang HR. 

Management skill adalah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang HR. Dengan memiliki kemampuan manajemen yang efektif akan sangat membantu HR dalam menyelesaikan tugasnya seperti melakukan perekrutan, pengelolaan SDM, evaluasi karyawan dan lain sebagainya. 

Lantas bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan tersebut dan apa saja yang harus dilakukan? Untuk mengetahui lebih lanjut simak penjelasannya di bawah ini. 

Pengertian Management skill

Dilansir dari Glints, manajemen skill adalah kemampuan untuk mengelola, memimpin dan mengorganisir pekerjaan serta anggota tim. Kemampuan yang satu ini termasuk soft skill yang penting untuk dikuasai oleh seorang HR. 

Hal tersebut lantaran tugas yang diemban oleh HR tidak jauh dari seputar mengelola dan mengorganisir SDM yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam dunia kerja sendiri, penerapan Management skill dapat dilihat pada beberapa kegiatan berikut ini:

  • Melakukan perencanaan strategi. 
  • Mengorganisir anggota tim. 
  • Memimpin anggota tim. 
  • Melakukan koordinasi dalam kerjasama tim. 
  • Beradaptasi dengan tantangan dan kebiasaan baru. 

Pentingnya Management Skill Bagi HR

Dalam dunia bisnis penting sekali untuk bisa memberdayakan sumber daya manusia yang dimiliki. Sebab kualitas sumber daya tersebut yang akan menentukan keberhasilan bisnis yang dilakukan. 

Untuk mempertahankan kualitas tersebut dan mendorong inovasi dalam bisnis diperlukan kemampuan manajemen yang baik. Nah, disinilah pentingnya Management skill bagi HR yang mana merupakan divisi yang memiliki tugas khusus untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

Cara Meningkatkan Management Skill

Management skill adalah kemampuan yang dapat ditingkatkan dengan latihan dan usaha yang konsisten. Dilansir dari Indeed, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatan kemampuan manajemen:

1. Mengikuti kurus

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti kursus manajemen. Meskipun kemampuan ini termasuk soft skill yang dapat berkembang seiring berjalannya waktu namun tak ada salahnya untuk mengikuti kursus manajemen. 

Dengan mengikuti kursus kamu bisa memiliki pemahaman dasar mengenai manajemen. Hal ini juga menjadi investasi jangka panjang yang bisa bermanfaat bagi pengembangan karir. 

2. Mencari peluang untuk memimpin

Agar bisa memiliki kemampuan manajemen yang efektif, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kemampuan tersebut secara langsung. Untuk itu kamu bisa mencari peluang di mana kamu bisa menjadi menjadi pemimpin baik itu dalam skala kecil maupun dalam skala besar. 

Sebagai contoh kamu bisa mengambil proyek baru dan memilih tim yang akan bergabung dalam proyek tersebut. Dengan demikian kamu bisa praktek secara langsung untuk menerapkan Management skill yang sudah dipelajari. 

3. Meminta feedback

Meminta umpan balik dari orang lain sama pentingnya dengan terus belajar. Dengan mendapatkan feedback dari atasan atau rekan kerja, kamu dapat mengevaluasi apa saja yang masih kurang. 

Hal ini juga membantu kamu untuk mengetahui perspektif lain mengenai sesuatu yang sudah kamu lakukan. Masukan tersebut bisa membantumu untuk meningkatkan kemampuan manajemen yang kamu miliki. 

4. Cari role model

Ketika belajar mengembangkan suatu kemampuan kamu bisa juga mencari role model yang bisa kamu jadikan contoh. Hal ini bisa kamu temukan baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi.

Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan manajemen yang kamu miliki. Untuk melakukannya kamu bisa mengamati bagaimana cara orang tersebut dalam mengelola waktu, memimpin sebuah tim, atau bila perlu kamu bisa menghubungi secara pribadi untuk mendapatkan bimbingan. 

Management skill adalah kemampuan yang sangat penting dan dapat membantu kesuksesan dalam dunia kerja. Agar kamu bisa meningkatkan kemampuan ini dengan efektif, beberapa cara di atas bisa kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *