fbpx
Skip to content

Jangan Dibiarkan, Ini Dia Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah!

Jangan Dibiarkan, Ini Dia Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah!

Kaki pecah-pecah merupakan kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini ditandai dengan adanya penebalan pada bagian telapak kaki yang menyebabkannya terlihat bersisik hingga pecah-pecah. Meskipun bukan termasuk masalah yang serius, jika sudah mengalaminya sebaiknya segera mencari cara mengobati kaki pecah-pecah tersebut. 

Sebab, kondisi kaki yang pecah-pecah bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri bahkan bisa berdarah apabila terlalu kering. Jadi, jika mengalami masalah yang satu ini jangan hanya dibiarkan saja, yuk segera obati dengan cara-cara berikut ini!

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Sebelum mencari cara mengobati kaki pecah-pecah, perlu dipahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Kondisi kaki yang pecah-pecah disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

  • Terlalu sering menggunakan alas kaki yang terbuka.
  • Sering mandi air panas atau mandi terlalu lama. 
  • Cuaca dingin. 
  • Menggunakan sabun yang berbahan keras. 

Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Kaki yang pecah-pecah adalah masalah kulit kaki yang umum terjadi. Untuk mengobatinya umumnya bisa dilakukan dengan sederhana dan secara mandiri di rumah sehingga tidak memerlukan bantuan dari tim medis. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kaki pecah-pecah:

1.Batasi waktu mandi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kaki kering dan pecah-pecah adalah dengan membatasi waktu mandi hanya 5-10 menit saja. Mandi terlalu lama hanya akan menyebabkan kulit menjadi kering sehingga akan memperparah kondisi kulit kaki yang pecah-pecah. 

2. Gunakan petroleum jelly sebelum tidur

Cara mengobati kaki pecah-pecah yang berikutnya adalah menggunakan petroleum jelly di malam hari. Untuk melembabkan area kaki yang kering dan pecah-pecah bisa dengan cara mengoleskan petroleum jelly dan menutupinya dengan kaos kaki agar tidak mengotori tempat tidur. 

3. Gunakan pelembab

Untuk menciptakan lapisan pelindung dan mengurangi rasa kurang nyaman akibat kulit tumit yang kering bisa gunakan pelembab cair. Oleskan pelembab yang cocok kulit  untuk memberikan kelembaban lebih pada kulit. 

Ada beberapa bahan aktif yang bisa membantu melembabkan kulit. Ketika memilih krim pelembab, pertimvangkan krim pelembab dwngan kandungan urea, asam salisilat, asam laktat dan isomer sakarida. 

4. Gunakan sepatu yang tertutup

Jika memiliki kulit kaki yang kering dan pecah-pecah pertimbangkan untuk menggunakan sepatu yang tertutup untuk melindunginya. Hindari menggunakan sepatu yang terbuka atau ukuran yang kurang tepat agar tidak memperparah kaki yang pecah-pecah.

5. Gosok kaki untuk menghilangkan sel kulit mati

Berikutnya untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah adalah dengan cara menghilangkan sel kulit mati. Gosok kulit kaki yang kering dan pecah-pecah secara perlahan dengan menggunakan loofah atau batu apung.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab dan cara mengobati kaki pecah-pecah yang bisa kamu gunakan. Kaki yang kering dan pecah-pecah memang bukan masalah yang serius, namun jika dibiarkan bisa menyebabkan rasa nyeri bahkan hingga berdarah jika terlalu kering. Oleh sebab itu segera tangani sebelum terlalu parah. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Dibiarkan, Ini Dia Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah!
× Chat Admin Kelas HR