fbpx
Skip to content

Mengenal Kepribadian ENFP, Si Jiwa Bebas Sejati

Kepribadian ENFP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Orang dengan kepribadian ini digambarkan sebagai seorang yang memiliki jiwa bebas, energik dan memiliki antusiasme yang tinggi. 

ENFP atau dalam MBTI dikenal juga sebagai juru kampanye, memiliki karakteristik yang cukup unik. Nah, untuk mengenal lebih lanjut jenis kepribadian yang satu ini simak ulasannya sebagai berikut. 

Apa Itu ENFP? 

Dilansir dari 16 Personalities, ENFP adalah kepribadian juru kampanye yang memiliki jiwa bebas sejati. ENFP sendiri merupakan singkatan dari Extraversion (Ekstrovert), Intuition (Intuisi), Feeling (Perasaan), dan Perceiving (Persepsi). 

Sebagai seorang ekstrovert, orang dengan tipe ini sangat mudah bergaul dan menyenangkan orang lain. Mereka juga dikenal sebagai juru kampanye karena mereka memiliki sifat visioner dengan memandang kehidupan sebagai sebuah teka teki besar sehingga mereka seolah-olah sedang mencari makna dari suatu hal.   

Orang-orang dengan tipe kepribadian ENFP memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berjiwa bebas. Mereka digambarkan sebagai orang yang penuh dengan ide, imajinatif dan energik. Oleh sebab itu mereka sangat mendambakan kebebasan. 

Orang dengan kepribadian ini tidak akan senang dengan rutinitas yang menuntut mereka untuk melakukan sesuatu. Mereka akan mudah kehilangan semangat dan cenderung tidak sabaran jika harus melakukan kegiatan yangembosankan. ENFP sangat menyukai inovasi dan kebebbasan. 

Populasi ENFP hanya 7% dari populasi. Ada beberapa figur publik yang memiliki kepribadian ini diantaranya Robert Downey Jr., Kim Nam Joon, Robin Williams dan Russell Brand. 

Karakteristik ENFP

ENFP dianggap sebagai kepribadian ekstrovert yang paling introvert. Sebab mereka tidak begitu menyukai menjadi pusat perhatian. 

Jiwa mereka yang bebas lebih menyukai kehidupan yang tidak terikat. Orang-orang ini dikenal memiliki sikap yang positif dan optimis sehingga cocok untuk peran-peran sosial. 

Kepribadian yang satu ini cukup unik. Beberapa karakteristik dari ENFP adalah sebagai berikut:

  1. Kreatif dan Inovatif

ENFP adalah pribadi yang penuh dengan ide dan inovasi. Seringkali mereka juga memiliki imajinasi yang kuat. Mereka suka berpikir out of the box dan mencari solusi kreatif untuk masalah.

  1. Empatis

Kepribadian ENFP sangat peka terhadap perasaan orang lain dan sering merasa terhubung secara emosional dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka cenderung menjadi pendengar dan motivator yang baik.

ENFP juga memiliki pemikian yang terbuka. Mereka akan sangat memperhatikan perasaan orang lain sehingga tindakan atau ucapan mereka tidak menyinggung orang lain. 

  1. Spontan dan Fleksibel

ENFP memiliki jiwa yang bebas, mereka sangat tidak menyukai terikat pada sesuatu yang kaku. Mereka lebih suka menjalani hidup secara spontan dan terbuka terhadap perubahan. 

  1. Optimis

ENFP juga dikenal sebagai pribadi yang optimis. Mereka memiliki pandangan hidup yang positif dan melihat potensi baik dalam setiap orang dan situasi yang dihadapi. Jadi tak heran jika mereka sering menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi orang lain.

  1. Ramah

ENFP senang berinteraksi dengan berbagai jenis orang dan menjalin hubungan yang kuat dengan mereka. Oleh sebab itu banyak orang yang merasa nyaman dalam menjalin hubungan dengan ENFP.  

Kekuatan dan Kelemahan ENFP

ENFP memiliki kekuatan dan kelemahan yang mereka bawa ke dunia. Di antara kekuatan ENFP adalah mereka memiliki kreativitas yang tinggi, optimis, memiliki kepedulian yang tinggi dan memiliki sikap yang ramah.  

Namun dibalik itu semua tipe kepribadian ini juga memiliki kelemahan tersendiri. Mereka cenderung kurang teratur sebab menyukai spontanitas. Hal ini membuat mereka kesulitan dalam mengatur waktu. Akhirnya hal tersebut membuat mereka menjadi mudah stress karena manajemen waktu yang kurang baik. 

Selain itu ENFP juga kurang menikmati menjadi pusat perhatian. Sebab hal itu dapat membuat mereka merasa terbebani.Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai kepribadian ENFP. ENFP adalah tipe kepribadian yang penuh semangat, kreatif, dan peduli. Mereka membawa energi positif ke dunia dan sering menjadi pendorong perubahan dan inspirasi bagi orang lain.

Kelas HR
Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenal Kepribadian ENFP, Si Jiwa Bebas Sejati
× Chat Admin Kelas HR