fbpx
Skip to content

Waspada, Ini Dia 3 Ciri Kelelahan Otak yang Jarang Disadari

Beberapa pekerjaan menuntut untuk menggunakan pikiran secara lebih intens. Hal ini bisa berakibat pada kelelahan otak yang jarang disadari. 

Kelelahan tak hanya bisa terjadi pada tubuh saja namun bisa juga terjadi pada otak atau mental kita. Jika hal itu terjadi bisa menyebabkan produktivitas menjadi menurun bahkan jika tak diatasi bisa berdampak pada kesehatan mental dalam jangka panjang. 

Apa yang Dimaksud Kelelahan Otak?

Kelelahan otak adalah kondisi dimana seseorang merasa sulit untuk fokus atau konsentrasi saat melakukan pekerjaan tertentu. Hal ini disebabkan karena pikiran yang terkuras.

Bisanya kelelahan pada otak terjadi karena melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan fokus dalam jangka waktu yang terlalu lama. Menurut Jurnal Current Biology, menggunakan otak untuk berpikir keras selama lebih dari 6 jam bisa menyebabkan penumpukan glutamat pada otak. 

Glutamat adalah molekul yang berperan penting pada fungsi otak. Kadar glutamat yang tinggi bisa menjadi racun bagi otak dan membuat tubuh menjadi merasa lelah, cemas dan menyebabkan penurunan produktivitas.

Apa Saja Ciri Kelelahan Otak?

Seseorang yang mengalami kelelahan otak akan mengalami beberapa gejala tertentu. Hal tersebut sebenarnya merupakan sinyal dari otak yang menyuruhmu untuk berhenti bekerja. 

Ciri-ciri seseorang mengalami kelelahan pada otak dapat dilihat secara fisik maupun dari segi emosionalnya. Berikut ini adalah beberapa ciri kelelahan otak yang harus kamu waspadai:

1. Kelelahan fisik

Pikiran yang terkuras terus menerus juga menyebabkan kelelahan pada fisik. Beberapa gejalanya adalah tubuh akan mengalami sakit kepala, sulit tidur, lemas dan sulit untuk berkonsentrasi. 

2. Menjadi lebih sensitif

Seseorang yang mengalami kelelahan otak akan lebih mudah untuk merasa khawatir, cemas, marah bahkan merasa kehilangan motivasi dan tidak berdaya. Hal ini sebab tubuh merasa kewalahan terhadap tekanan yang dialami. 

3. Sering menunda pekerjaan

Ciri lain yang dapat dilihat adalah dari segi perilakunya. Bisanya kelelahan pada otak akan menyebabkan seseorang kerap meninggalkan pekerjaannya menunda untuk menyelesaikannya. Hal ini disebabkan karena sulit untuk fokus dan konsentrasi pada sesuatu. 

Jika kamu sering menunda pekerjaan dan merasa sulit berkonsentrasi akhir-akhir ini, perlu diwaspadai sebab siapa tahu kamu sedang mengalami kelelahan otak. Jika mengalami ciri-ciri di atas sebaiknya segera ambil waktu untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri untuk bekerja terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Waspada, Ini Dia 3 Ciri Kelelahan Otak yang Jarang Disadari
× Chat Admin Kelas HR