fbpx
Skip to content

10 Contoh Pertanyaan Behavioral Event Interview dan Cara Menjawabnya

Behavioral Event Interview atau wawancara perilaku adalah teknik wawancara yang biasa digunakan oleh perusahaan. Beberapa contoh pertanyaan Behavioral Event Interview yang paling sering ditanyakan lebih berfokus pada pengalaman yang dimiliki oleh calon karyawan yang sedang diwawancarai.

Sebenarnya, ada banyak teknik wawancara yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam seleksi calon karyawan baru. Namun teknik wawancara perilaku ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya. 

Mengapa HR Menggunakan Teknik Behavioral Event Interview?

Pertanyaan yang muncul saat Behavioral Event Interview ini mungkin terasa lebih mudah dibandingkan dengan wawancara jenis lainya. Sebab wawancara ini lebih berfokus pada pengalaman masa lalu yang dimiliki kandidat. 

Meski demikian wawancara ini lebih disukai oleh sebagian besar HR. Hal tersebut karena pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat menghasilkan informasi yang mendetail yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Contoh pertanyaan Behavioral Event Interview yang dapat ditanyakan oleh HR adalah berkaitan dengan kemampuan problem solving, teamwork, kelebihan dan kekurangan diri sendiri, serta hal-hal lain yang bersifat non-teknis. Dengan pertanyaan tersebut HR bisa mengetahui detaill hard skill dan soft skill kandidat. 

Melalui jawaban yang diberikan oleh kandidat saat sesi wawancara berlangsung, HR dapat memprediksi kinerja kandidat tersebut di masa mendatang. Selain itu jawaban yang diberikan kandidat juga dapat menjadi acuan untuk melihat seberapa cocok kandidat tersebut untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.  

Apa Saja Contoh Pertanyaan Behavioral Event Interview?

Menurut The Balance Money, umumnya pertanyaan Behavioral Event Interview diberikan dengan cara memberikan satu situasi tertentu lalu menanyakan tindakan apa yang akan dilakukan untuk menyelesaikannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana cara kandidat tersebut dalam menangani situasi tertentu. 

HR Note juga menyebutkan bahwa rangkaian pertanyaan yang diberikan saat interview harus dapat menjawab lima faktor penting yang dikenal dengan STAR yaitu situation, task, action dan result. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan Behavioral Event Interview:

  • Saat bekerja, bagaimana cara anda menyelesaikan pekerjaan yang diberikan?
  • Bagaimana cara anda menyelesaikan tugas dengan deadline yang ketat?
  • Bagaimana cara anda dalam menangani tantangan dalam pekerjaan, berikan contohnya.
  • Apa kelebihan dan kekurangan diri anda?
  • Apa tujuan anda dalam karir, dan bagaimana cara anda untuk meraihnya?
  • Bagaimana cara anda dalam menetapkan tujuan anda dan bagaimana cara anda untuk meraihnya?
  • Saat bekerja, bagaimana cara anda menyelesaikan perbedaan pendapat dengan sesama anggota tim?
  • Bagaimana cara anda menyelesaikan tugas yang belum anda mengerti sebelumnya?
  • Pernahkan anda bekerja di bawah tekanan? Bagaimana cara anda menyikapinya?
  • Apa pencapaian terbesar anda dalam karir?

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Behavioral Event Interview?

Cara termudah dan paling efektif untuk sukses menghadapi pertanyaan wawancara Behavioral Event Interview adalah dengan metode STAR. Menurut Novo Resume, setiap jawaban dalam wawancara perilaku harus menggunakan struktur sebagai berikut:

1.Situation

Saat menjawab pertanyaan, pertama sebutkan situasi yang sedang dihadapi. Jelaskan bagaimana kejadian itu terjadi, siapa yang terlibat dan kapan kejadian tersebut terjadi. 

2. Task

Berikutnya jelaskan masalah yang dihadapi atau tugas yang harus diselesaikan. Kandidat harus dapat menjelaskan apa yang dirasakan dan dipikirkan mengenai tugas atau masalah yang dihadapi. 

3. Action

Selanjutnya, jelaskan tindakan yang diambil dalam menghadapi situasi yang sudah dijelaskan. Jawaban ini secara tidak langsung akan menjelaskan kompetensi yang dimiliki oleh kandidat. 

4. Result

Terakhir, jelaskan hasilnya. Apakah saat itu tindakan yang yang dilakukan berhasil atau gagal. Berikan pula bukti apabila memang tindakan tersebut berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

Nah, itu tadi adalah contoh pertanyaan Behavioral Event Interview beserta cara menjawabnya. Dengan metode STAR ini akan membantu HR dalam menyusun pertanyaan yang akan diberikan kepada kandidat. Selain itu kandidat juga dapat menggunakan metode yang sama untuk menjawab pertanyan yang diberikan oleh HR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Contoh Pertanyaan Behavioral Event Interview dan Cara Menjawabnya
× Chat Admin Kelas HR