fbpx
Skip to content

Cara Membuat CV ATS Friendly Untuk Fresh graduate, Agar Cepat Dapat Kerja

 

Banyak fresh graduate yang masih awam dengan pembuatan CV. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan ATS untuk menyeleksi CV yang masuk. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV ATS friendly untuk fresh graduate

Membuat CV yang ATS friendly sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan terutama bagi yang sudah terbiasa. Namun bagi para fresh graduate yang baru pertama kali melamar kerja, membuat CV yang ATS friendly bisa jadi sulit. Untuk itu simak ulasan di bawah ini agar bisa membuat CV yang ATS friendly

Cara Membuat CV ATS Friendly Untuk Fresh Graduate

ATS atau applicant tracking system merupakan software yang umum digunakan oleh perusahaan untuk mempercepat proses seleksi CV. Melalui sistem ATS, perusahaan bisa mendapatkan daftar pelamar teratas yang memenuhi syarat. 

Sebab sangat tidak mungkin jika recruiter harus membaca ribuan lamaran yang masuk ke perusahaan. Oleh sebab itu jika CV yang dibuat tidak sesuai dengan format ATS maka akan otomatis tertolak dan pelamar tidak akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Ketika melamar kerja secara online pastikan untuk membuat CV yang ATS friendly agar potensi lolos screening lebih besar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat CV yang ATS friendly:

1. Tampilkan judul CV pada bagian headline

Pada bagian atas CV pelamar perlu menulis judul untuk headline. Sebab bagian ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelamar. 

Selain menampilkan nama, bagian headline CV juga sebaiknya mencantumkan profesi dan pengalaman yang dimiliki. Sebagai contoh adalah “HR profesional dengan 10 tahun pengalaman”. 

2. Gunakan format yang ATS friendly

Format CV yang paling ramah ATS dan umum digunakan adalah format kronologis terbalik. Dengan format ini akan menampilkan pengalaman kerja terakhir terlebih dahulu disusul dengan pengalaman kerja sebelumnya. 

Pada bagian pengalaman kerja masukkan informasi secara lengkap. Masukkan informasi seperti mana perusahaan, nama pekerjaaan, tanggal mulai dan berakhir kerja, serta tanggung jawab dan prestasi yang dimiliki. 

Cara membuat CV ATS friendly untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, pada bagi pengalaman bisa diisi dengan pengalaman organisasi, magang atau project yang pernah dikerjakan. 

3. Masukkan kata kunci

Sistem ATS biasanya akan memindai CV pelamar berdasarkan pada kata kunci tertentu. Oleh sebab itu penting bagi pelamar untuk memperhatikan posisi yang dilamar dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. 

Misalkan pada posisi yang akan dilamar membutuhkan pengalaman content writing dan digital marketing. Oleh sebab itu pada CV sebaiknya menyertakan dua kata kunci tersebut agar peluang lolos screening ATS lebih besar. 

4. Perhatikan format penulisan

Format penulisan juga menjadi hal penting dalam pembuatan CV yang ATS friendly. Selain agar mudah dibaca mesin ATS, format penulisan yang baik dan benar juga ana lebih nyaman ketika dibaca oleh recruiter. Dilansir dari jobscan.co berikut ini adalah bebeapa format penulisan yang perlu diperhatikan:

  • Menggunakan bahasa baku yang jelas dipahami.
  • Menggunakan font profesional seperti Calibri, Times New Roman, Arial, Garamond atau Helvetica. 
  • Menggunakan ukuran font 11-12 pt. 
  • Menggunakan margin 1-1-1-1. 
  • Menggunakan format tanggal MM/YYYY atau Juni 2023. 
  • Boleh menggunakan huruf tebal, miring atau garis bawah jika diperlukan. 
  • Hindari salah ketik pada penulisan CV.

5. Hindari penggunaan grafik, tabel, gambar atau simbol khusus

Pastikan untuk membuat CV yang sederhana. Penggunaan grafik, gambar atau simbol khusus hanya akan membuat sistem bingung dan berakhir tidak terbaca oleh sistem.

Ketika hendak menampilkan keahlian atau deskripsi pekerjaan lebih baik untuk menguraikannya dalam bentuk kalimat. Dengan demikian sistem akan lebih mudah membaca informasi yang ada pada CV.

6. Perhatikan format dokumen

Selanjutnya, cara membuat CV ATS friendly untuk fresh graduate agar CV dapat dibaca oleh mesin ATS adalah dengan menggunakan format dokumen PDF atau Word. Pastikan untuk memperhatikan ketentuan dari perusahaan. 

Apabila perusahaan meminta file dikirim dalam format PDF maka jangan kirimkan file Word sebba tidak akan terbaca mesin ATS. Selain itu jangan kirimkan CV dalam format file image sebab akan otomatis tertolak oleh sistem. 

7. Gunakan template CV yang sederhana

Template CV yang sederhana akan lebih mudah dibaca oleh mesin ATS. Pada template tersebut biasanya informasi tersusun dengan rapi dan tidak terlalu banyak elemen yang tidak perlu seperti gambar, grafik atau emoji yang tidak penting. 

Pelamar bisa membuatnya sendiri atau menggunakan bantuan website pembuat CV ATS online. Hal tersebut akan mempermudah dalam pembuatan CV yang ATS friendly

Itulah cara membuat CV ATS friendly untuk fresh graduate agar bisa lolos screening dokumen. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Membuat CV ATS Friendly Untuk Fresh graduate, Agar Cepat Dapat Kerja
× Chat Admin Kelas HR