fbpx
Skip to content

Begini Perhitungan PPH 21 karyawan dengan skema TER untuk Gaji 45 Juta

Begini Perhitungan PPH 21 karyawan dengan skema TER untuk Gaji 45 Juta

Punya gaji yang besar, pajaknya juga besar? Tentu saja, besarnya pajak penghasilan atau PPh 21 disesuaikan dengan besarnya penghasilan yang didapatkan oleh wajib pajak. Nah, ketika seseorang memiliki penghasilan 45 juta per bulan, bagaimana cara menghitungnya?

Semenjak diberlakukannya skema TER dalam perhitungan PPH 21, perhitungan pajak penghasilan yang harus dibayarkan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah tata cara perhitungan PPh 21 karyawan dengan skema TER untuk gaji 45 juta. 

Besarnya Tarif Efektif Rata-Rata

Besarnya tarif efektif rata-rata dibagi menjadi dua yaitu TER bulanan dan TER harian. TER harian berlaku untuk karyawan lepas yang dibayar secara harian, mingguan, maupun borongan. Besarnya TER harian hanya dibagi menjadi dua yaitu:

  • Sampai dengan Rp45.000 besarnya TER 0%
  • Di atas Rp450.000 sampai Rp2.500.000 besarnya TER 0,5%

Sedangkan untuk TER bulanan berlaku untuk karyawan yang memiliki pendapatan tetap tiap bulan. Besarnya TER bulanan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

1. Kategori A

Tarif Efektif Bulanan Kategori A diterapkan untuk wajib pajak orang pribadi dengan status PTKP TK/0, TK/1 dan K/0. Dalam menghitung besarnya pajak terdapat 44 lapis TER untuk kategori A. Berikut adalah 44 lapisan penghasilan bruto bulanan dan besaran tarif pajak

2. Kategori B

Kategori B terdiri dari 40 lapisan penghasilan bruto bulanan dengan besarnya tarif beragam mulai dari 0% hingga 34%. Kategori B ini diterapkan untuk wajib pajak orang pribadi dengan status PTKP sebagai berikut: 

• Tidak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 2 (dua) orang (TK/2) 

• Tidak kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 3 (tiga) orang (TK/3) 

• Kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 1 (satu) orang (K/1) 

• Kawin dengan jumlah tanggungan sebanyak 2 (dua) orang (K/2)

3. Kategori C

Untuk kategori berlaku bagi wajib pajak orang pribadi yang berstatus PTKP dengan jumlah tanggungan sebanyak 3 (tiga) orang (K/3). Lapisan penghasilan dan besarnya tarif pajak adalah sebagai berikut:

Simulasi Perhitungan Pajak PPh 21 Karyawan untuk Gaji 45 Juta

Siapa yang tidak senang jika memiliki gaji yang besar. Tapi semakin besar gaji yang didapatkan perhitungan pajaknya juga semakin rumit. Termasuk ketika kamu memiliki gaji 45 juta per bulan.
Dalam simulasi berikut ini akan menjelaskan cara sederhana untuk menghitung besarnya PPH 21 yang wajib dibayarkan wajib pajak dengan menggunakan skema TER. Selengkapnya simak ulasannya di bawah ini:

Johny adalah seorang karyawan senior di tempat kerjanya. Dalam satu bulan Johny memiliki penghasilan bruto sebesar 45 juta, dengan biaya jabatan 5%, iuran jaminan hari tua sebesar 900 ribu per bulan. Johny adalah seorang kepala keluarga dengan tanggungan satu. 

Dengan demikian Johny wajib membayarkan pajak sebesar Rp7.200.000 juta per bulan, dan diakhir masa pajak Johny akan membayar Rp4.850.000. Itu tadi adalah simulasi perhitungan PPH 21 karyawan dengan skema TER penghasilan sebesar 45 juta per bulan. Semoga bermanfaat!

Kelas HR

Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begini Perhitungan PPH 21 karyawan dengan skema TER untuk Gaji 45 Juta
× Chat Admin Kelas HR