fbpx
Skip to content

Mengenal Teknik Komunikasi Persuasif Saat Bicara, Bikin Kamu Jadi Lebih Powerfull!

Ingin argumen dan gagasan lebih didengar di tempat kerja? Mungkin kamu perlu berkenalan dengan teknik komunikasi yang satu ini yaitu teknik komunikasi persuasif.

Komunikasi persuasif merupakan kemampuan yang sangat berharga di tempat kerja. Kemampuan ini bisa membantu kamu menyampaikan argumen dan meyakinkan orang lain dengan lebih efektif. Kemampuan yang satu ini juga banyak dicari, namun tak banyak orang yang memiliki. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teknik persuasif ini, simak penjelasanya berikut.

Apa Itu Teknik Komunikasi Persuasif?

Dilansir dari Communication for Governance and Accountability Program (CommGAP), komunikasi persuasif didefinisikan sebagai penyampaian pesan yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk, memperkuat dan mengubah tanggapan orang lain mengenai sesuatu. Komunikasi persuasif ini merupakan sebuah strategi yang sangat berguna untuk membuat orang lain meyakini informasi yang disampaikan.

Umumnya teknik komunikasi persuasif ini digunakan oleh tim marketing dalam menjual produk atau layanan perusahaan. Namun ternyata tak hanya itu saja, sebab kemampuan yang satu ini juga sangat berguna dalam aktivitas sehari-hari.

Komunikasi persuasif memungkinkan seseorang mengubah perilaku, cara pandang, dan sikap seseorang terhadap sesuatu. Selain itu kemampuan ini juga sangat berguna untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dalam suatu kelompok jika diperlukan. 

Mengapa Teknik Komunikasi Persuasif Penting?

Komunikasi persuasif merupakan kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan dengan lebih efektif. Di tempat kerja, memiliki kemampuan yang satu ini menjadi hal yang penting. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memiliki kemampuan komunikasi persuasif merupakan hal yang penting:

1. Marketing

Alasan yang pertama tentu saja karena alasan marketing. Kemampuan persuasif sangat membantu dalam proses pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan. 

2. Meningkatkan Karisma

Memiliki kemampuan persuasif membuat kamu menyampaikan argumen dengan lebih efektif, kamu bisa dengan lebih mudah meyakinkan orang lain mengenai sesuatu. Hal ini dapat meningkatkan kharisma yang kamu miliki di tempat kerja sebab kamu dipandang sebagai orang yang cukup berpengaruh dalam pengambilan keputusan. 

3. Meningkatkan Kinerja

Jika kamu seorang pemimpin, menguasai teknik komunikasi persuasif dapat membantu meningkatkan kinerja anggota tim dengan lebih baik. Persuasi yang disampaikan dapat mendorong dan memotivasi tim untuk melakukan pekerjaanya dengan lebih maksimal dan mendorong kolaborasi. 

4. Meningkatkan Karir

Dengan kemampuan membujuk dan meyakinkan orang lain, bisa membuat karir kmu melaju dengan lebih cepat. Perusahaan tentu saja akan mencari seseorang dengan kemampuan komunikasi yang kuat yang mana memungkinkan untuk menyampaikan ide-ide besar dan melakukan negosiasi dengan klien.

Dengan demikian, memiliki kemampuan yang satu ini memungkinkan kamu mendapatkan peluang untuk promosi jabatan yang lebih lebih besar. Selain untuk kemajuan karir individu karyawan, kemampuan ini juga sangat berguna untuk kesuksesan perusahaan keseluruhan.

Bagaimana Teknik Komunikasi Persuasif yang Efektif?

Komunikasi yang efektif termasuk kemampuan untuk meyakinkan orang lain mengenai informasi yang disampaikan. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya meyakinkan orang lain tidaklah semudah yang dibayangkan. 

Namun dengan teknik yang tepat kamu bisa meyakinkan orang lain dengan lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan komunikasi persuasif:

1. Kenali Lawan Bicara

Pertama, yang perlu dipahami dalam melakukan persuasi kepada orang lain adalah dengan memahami keinginan dan minat mereka. Dengan informasi tersebut kamu bisa membuat mereka merasa lebih nyaman saat mendengarkan dan lebih mudah menerima informasi yang disampaikan.

2. Jangan Terlalu Memaksa

Selanjutnya, meskipun bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain, namun jangan sampai memaksakan ide atau informasi yang disampaikan kepada lawan bicara. Hal itu justru akan membuat mereka bersifat defensif. 

Namun gunakan pendekatan yang sifatnya lebih emosional atau berisi fakta. Misalnya jika kamu ingin meyakinkan atasan mengenai sebuah inovasi produk kamu bisa menyajikan data-data mengenai grafik perkembangan tren yang relevan.

Karena perusahaan menginginkan keuntungan, maka pastikan kamu mengetahui keuntungan seperti apa yang perusahaan harapkan dari inovasi yang akan kamu ciptakan. Dengan pendekatan ini memungkinkankamu lebih mudah untuk meyakinkan lawan bicara. 

3. Gunakan Bahasa Tubuh

Lantas bagaimana cara yang bagus untuk meakinkan orang lain? Kamu bisa juga bisa memanfaatkan komunikasi non verbal. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan kontak mata dan menggunakan nada bicara yang antusias akan membuat informasi yang kamu sampaikan lebih meyakinkan.

4. To the Point

Terlalu bertele-tele akan membuat informasi kamu terlihat tidak menarik dan ‘basi’, tidak ada orang yang mau mendengarkan sesuatu yang rumit dan membosankan. Oleh sebab itu ketika berbicara sampaikan maksud dan tujuan yang kamu inginkan dengan lugas dan mudah dimengerti oleh lawan bicara. 

Nah, itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai teknik komunikasi persuasif yang sangat berguna dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenal Teknik Komunikasi Persuasif Saat Bicara, Bikin Kamu Jadi Lebih Powerfull!
× Chat Admin Kelas HR