fbpx
Skip to content

Hybrid Working Adalah? Yuk Kenalan dengan Sistem Kerja yang Sedang Tren Berikut Ini!

Hybrid Working Adalah? Yuk Kenalan dengan Sistem Kerja yang Sedang Tren Berikut Ini!

Hybrid working adalah model kerja yang sedang tren belakangan ini. Kombinasi antara bekerja dari kantor dan bekerja dari lokasi jauh membuat fleksibilitas kerja karyawan menjadi lebih tinggi. 

Pelaksanaan hybrid working ini memang cukup unik. Namun dibalik itu tentu ada kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan. Nah, di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hybrid working. 

Pengertian Hybrid Working

Hybrid working adalah model kerja yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari kantor dan dari jarak jauh sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Model kerja yang seperti ini memberikan cara pandang baru mengenai model kerja yang selama ini diterapkan yaitu mengharuskan kehadiran fisik di kantor setiap hari kerja. 

Dengan menerapkan hybrid working karyawan bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel untuk melakukan pekerjaannya dan kehidupan pribadinya. Namun, meskipun sedang tren akhir-akhir ini, bukan berarti semua pekerjaan bisa dilakukan secara hybrid. Model kerja ini juga tidak selalu cocok untuk semua orang. 

Mekanisme Hybrid Working

Mekanisme pelaksanaan hybrid working adalah dengan memberikan kebebasan kepada karyawan untuk mengatur jadwal mereka dengan lebih fleksibel. Penentuan hasil kerja karyawan bisa dinilai berdasarkan pencapaian tujuan, bukan waktu dihabiskan di depan meja.

Biasanya perusahaan yang menggunakan hybrid working mewajibkan karyawannya untuk datang ke kantor satu hingga tiga kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan preferensi karyawan. Sedangkan sisanya bisa digunakan oleh karyawan untuk bekerja dari mana saja. 

Selain itu dalam pelaksanaan hybrid working perusahaan juga harus bisa memberikan fasilitas serta kebijakan kerja yang jelas. Dengan demikian produktivitas dan juga kepatuhan karyawan tetap bisa terkontrol. 

Kelebihan Hybrid Working

Bekerja secara hybrid tentunya menimbulkan pro dan kontra tersendiri. Ketika perusahaan mempraktekkan model kerja hybrid terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapatkan oleh karyawan dan perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fleksibilitas Waktu Kerja

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan dari hybrid working adalah memberikan karyawan fleksibilitas dalam menyesuaikan pekerjaan dengan kehidupan pribadi mereka. Hal ini diharapkan bisa menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan kehidupan karyawan.

  1. Peningkatan Produktivitas

Dalam model kerja hybrid ini mengutamakan preferensi karyawan dalam bekerja. Karyawan tidak perlu hadir di kantor dari pagi sampai sore, namun mereka bisa menentukan waktu terbaik mereka dalam bekerja. 

Penilaian dalam kerja hybrid ini adalah hasil kerjanya bukan berdasarkan kehadiran fisik di kantor. Dengan demikian karyawan bisa bekerja lebih maksimal sesuai dengan preferensi waktu karyawan masing-masing.

  1. Menarik Karyawan Baru

Hybrid working juga menjadi menjadi daya tarik yang ditawarkan dalam dunia kerja modern. Terutama untuk generasi muda saat ini yang sangat menghargai fleksibilitas dan work life balance. 

  1. Menghemat Biaya

Dari segi perusahaan ternyata hybrid working juga membantu mereka menghemat biaya operasional perusahaan. Hal ini termasuk biaya sewa gedung, alat kantor dan lain sebagainya. 

Sedangkan bagi karyawan kerja hybrid juga bisa menghemat pengeluaran mereka. Karyawan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan makan siang setiap hari untuk bekerja di kantor.

Kekurangan Hybrid Working

Di balik kelebihannya, ternyata model kerja yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan hybrid working:

  1. Kurangnya Interaksi Langsung

Model kerja yang satu ini dapat mengurangi interaksi langsung antar karyawan. Dengan demikian hal itu juga akan berpengaruh pada hubungan, keterikatan, serta kolaborasi antar karyawan.

  1. Tantangan Komunikasi

Selanjutnya, kekurangan hybrid working adalah pada komunikasi. Komunikasi jarak jauh terkadang terhambat oleh jaringan atau komunikasi yang kurang efektif sehingga menyebabkan interpretasi pesan yang disampaikan menjadi tidak sama dengan yang sebenarnya ingin disampaikan. 

Hybrid working adalah bentuk evolusi dalam dunia kerja yang membuka peluang untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih seimbang dan fleksibel. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, model kerja yang satu ini bisa menjadi solusi untuk menciptakan efisiensi dan inovasi kerja di masa depan. 

Kelas HR
Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *