fbpx
Skip to content

Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Nett Dan Gross Dalam Penggajian

Dalam istilah penggajian seringkali kita mendengar gaji nett dan gaji gross. Keduanya memiliki pengertian yang berbeda dan penting bagi calon karyawan serta HR untuk memahami perbedaan nett dan gross dalam penggajian.

Memiliki pemahaman tersebut sangat dibutuhkan ketika melakukan negosiasi gaji, penghitungan THR, pajak dan lain sebagainya. Untuk itu simak perbedaan keduanya sebagai berikut.

Pengertian Gross 

Pengertian gaji gross atau juga dikenal sebagai gaji bruto, merujuk pada jumlah total pendapatan yang diterima oleh karyawan sebelum dikurangi dengan potongan pajak atau potongan lainnya. Dengan demikian gaji gross mencakup seluruh komponen gaji yang diberikan kepada karyawan, termasuk gaji pokok, tunjangan, bonus, insentif, dan komponen lainnya. 

Biasanya gaji gross adalah angka yang sering dicantumkan dalam penawaran pekerjaan dan kontrak kerja. Contoh, ketika menerima tawaran pekerjaan dengan gaji Rp.5.000.000 maka jumlah ini adalah jumlah gaji bruto sebelum dikurangi potongan apapun.

Pengertian Nett 

Nett atau gaji netto, adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh karyawan setelah semua potongan pajak dan potongan lainnya. Gaji nett adalah jumlah gaji yang mencerminkan seberapa banyak uang yang akan mereka terima setelah semua potongan telah dilakukan.

Perbedaan Nett dan Gross

Perhitungan gaji nett dan gross selain dari sisi pengertian juga memiliki beberapa perbedaan lainnya. Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Pengurangan Pajak dan Potongan

perbedaan utama antara nett dan gross adalah pada pengurangan pajak dan potongan. Pada gaji gross, jumlah uang yang didapatkan karyawan belum dikurangi dengan potongan pajak dan potongan lainnya. Sedangkan nett adalah jumlah uang yang didapatkan setelah dikurangi potongan.

  1. Komponen

Perbedaan berikutnya terletak pada komponen penyusunnya. Apabila karyawan mendapatkan gaji gross maka uang yang didapatkan tersebut juga termasuk gaji pokok, tunjangan, pajak pph, maupun potongan lainnya yang wajib dibayarkan. Sedangkan gaji nett terdiri dari komponen take home pay yang menjadi hak karyawan sepenuhnya. 

  1. Besarnya Gaji

Perbedaan nett dan gross yang selanjutnya adalah terletak besarnya jumlah gaji yang akan diterima karyawan. Jika perusahaan menggunakan perhitungan gross maka jumlah uang yang akan diberikan ke karyawan akan lebih banyak daripada karyawan yang mendapatkan gaji nett. 

Lebih Baik Nett atau Gross?

Mengenai lebih baik mana antara nett dan gross sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Gaji gross merupakan gaji yang mencakup seluruh komponen gaji termasuk potongan. Sedangkan gaji nett adalah gaji bersih yang sudah dikurangi dengan berbagai potongan wajib. 

Ketika mendapat gaji gross maka karyawan harus membayar sendiri pajak penghasilan dan membayarkan potongan lainnya secara mandiri. Besarnya gaji gross memang lebih besar daripada nett namun ketika sudah dikurangi dengan potongan maka besarnya bisa sama saja.

Itu tadi adalah perbedaan nett dan gross dalam perhitungan gaji. Kedua istilah ini digunakan sebagai titik awal perhitungan besarnya gaji yang akhirnya akan diterima oleh karyawan. Memahami perbedaan antara nett dan gross sangat penting, untuk menghindari konflik dan memastikan bahwa karyawan menerima kompensasi yang sesuai dengan kontrak kerja dan peraturan pajak yang berlaku.

Kelas HR
Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Nett Dan Gross Dalam Penggajian
× Chat Admin Kelas HR