fbpx
Skip to content

5 Tren Dunia Kerja 2023, HR Wajib Tahu!

Dunia kerja berkembang dengan cepat, hal ini didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan dinamika sosial masyarakat. Terutama semenjak pandemi covid-19, muncul tren kerja baru dan masih terus diaplikasikan hingga sekarang. Bahkan tren dunia kerja 2023 ini diproyeksikan akan menjadi tren kerja masa depan. 

Tren-tren baru muncul dan membentuk pola kerja yang baru, mulai dari tugas, cara berinteraksi dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tren kerja di tahun 2023.

Tren Dunia Kerja 2023

Sebagai seorang HR penting sekali untuk selalu memperbarui informasi terbaru mengenAI tren yang sedang terjadi di dunia kerja. Sebab HR merupakan garda terdepan bagi perusahaan dalam menyusun strategi agar kegiatan di perusahaan tetap bisa bersaing di tengah perubahan dunia bisnis yang semakin pesat. 

Emenjak pandemi, ada banyak tren baru yang muncul akibat keterbatasan akses masyarakat dalam bekerja. Selain itu pandemi juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menghargai hidup. Dengan demikian ada banyak perubahan yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa tren dunia kerja 2023 selengkapnya:

1.Automasi dan AI

Tren yang satu ini menuai pro dan kontra di berbagai kalangan. Sebab di satu sisi pemberlakukan Automasi dan penggunaan AI di dunia kerja memiliki manfaat yang luar biasa. Namun di sisi lain, hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan tenaga kerja manusia menjadi punah dan digantikan dengan robot. 

Padahal apabila diimplementasikan dengan benar, AI bisa menjadi senjata bagi karyawan untuk bisa menyelesaikan karyawannya dengan lebih efektif. Proses otomatisasi yang menggunakan teknologi tertentu akan menggantikan karyawan yang sifatnya rutin dan berulang. Dengan demikian memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada karyawan yang membutuhkan membutuhkan fokus atau kreativitas yang tinggi.

2. Remote working 

Salah satu peninggalan pandemi yang menjadi tren kerja di tahun 2023 ini adalah remote working. Meskipun kondisi dunia sudah kembali normal, ternyata masih banyak perusahaan yang menerapkan model kerja remote kepada karyawannya.

Dilansir dari forbes, tren kerja remote menunjukkan statistik yang terus meningkat. Sebab penggunaan remote working bisa memaksimalkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk dapat bekerja tanpa terkendala jarak dan memberikan opsi kerja dengan jam yang lebih fleksibel.

3. Hybrid working

Selain kerja remote, tren dunia kerja 2023 yang selanjutnya adalah hybrid working. Model kerja yang satu ini memungkinkan karyawan hanya perlu datang beberapa hari dalam seminggu untuk bekerja di kantor sedangkan sisanya bisa dikerjakan secara remote. 

Dilansir dari Forbes diperkirakan pada tahun-tahun mendatang akan ada lebih banyak karyawan yang melakukan karyawanan jarak jauh. Di tahun 2023 saja tercatat terdapat 12,7% karyawan di amerika tetap bekerja dari rumah dan 28,2% karyawan telah beradaptasi dengan model kerja hybrid.

4. Work life balance

Berbicara mengenai tren yang ada di dunia kerja, tentunya juga berbicara mengenai kehidupan karyawan. Dilansir dari Finance Online, ketika mencari karyawan 43% karyawan menjawab bahwa work life balance merupakan faktor yang mempengaruhi mereka memilih karyawan. Memiliki work life balance artinya karyawan memiliki keseimbangan waktu antara karyawan dan kehidupan pribadi. 

5. Pengembangan Soft Skills

Memiliki soft skill seperti kemampuan untuk berpikir kreatif, adaptif,, komunikasi efektif, dan kemampuan berkolaborasi menjadi semakin penting di dunia kerja yang terus berkembang. Terlebih lagi dengan munculnya berbagai teknologi seperti AI. 

Keberadaan AI mungkin dapat menyelesaikan tugas-tugas teknis tertentu yang berkaitan dengan hard skill. Namun keterampilan yang melibatkan soft skill tidak dapat digantikan dengan AI. Oleh sebab itu sekarang semakin banyak perusahaan yang mengedepankan pengujian soft skill dalam merekrut karyawan baru.

Ada banyak tren yang berkembang di dunia kerja. Seiring dengan perubahan sosial dan perkembangan teknologi ada banyak hal yang berubah dalam dunia karyawan termasuk munculnya AI yang bisa menggantikan karyawaan manusia. Nah, itu tadi adalah rangkuman singkat mengenai 5 tren dunia kerja 2023. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Tren Dunia Kerja 2023, HR Wajib Tahu!
× Chat Admin Kelas HR