fbpx
Skip to content

Cara Mengembangkan Management Skill yang Efektif Bagi HR Manager

Management skill merupakan salah satu skill yang penting untuk dimiliki seorang HR manager. Sebab untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efektif dan efisien seseorang harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Sayangnya kemampuan tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Namun tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara mengembangkan management skill yang efektif. 

Sebagai sosok manajer di suatu tim, kamu akan memiliki pengaruh besar bagi anggota tim. Oleh sebab itu agar bisa menjadi seorang manajer yang kompeten penting sekali untuk meningkatkan skill manajemen yang dimiliki. 

Sekilas Tentang Management Skill

Menurut Corporate Finance Institute, management skill adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang eksekutif untuk memenuhi tugas tertentu. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk bisa melaksanakan tugas tertentu dan bisa segera mengambil tindakan yang tepat ketika terjadi masalah.

Pada intinya management skill adalah kemampuan untuk mengorganisir, memimpin dan mengelola suatu tugas atau tim. Kemampuan ini biasanya menjadi syarat wajib bagi seseorang yang berada di jabatan tingkat manajer. 

Cara Mengembangkan Management Skill

Untuk mengembangkan skill manajemen yang dimiliki, diperlukan usaha dan dedikasi yang tinggi. Tidak ada cara instan yang bisa dilakukan untuk meraih kemampuan ini dalam semalam. Berikut ini adalah beberapa untuk mengembangkan kemampuan manajemen yang efektif untuk dilakukan:

1. Mengikuti pelatihan

Salah satu cara yang efektif untuk dilakukan agar bisa mengembangkan kemampuan manajemen adalah mengikuti pelatihan. Dengan mengikuti pelatihan ini kamu tidak hanya akan belajar teori namun juga diajarkan praktik terbaik dalam mengimplementasikannya.

2. Mengembangkan kesadaran diri

Cara yang kedua ini penting sekali dilakukan. Sebab tanpa kesadaran diri yang tinggi maka mengikuti kelas pelatihan yang mahal sekalipun tidak akan membawa perubahan yang berarti. 

Mengembangkan kesadaran ini dilakukan dengan cara melakukan refleksi. Kenali apa tujuan yang ingin dicapai, kelemahan serta kekuatan yang ada pada diri sendiri.

3. Mengambil peluang

Untuk menjadi seorang manajer yang sukses, kamu harus berani untuk mengambil peluang. Sebab seseorang tidak akan berkembang jika masih berkutat di zona nyaman. 

Ketika kamu ingin menjadi seorang HR manager, ambil peluang untuk memimpin tim atau proyek baru di perusahaan. Kamu juga bisa mencobanya ketika mengikuti kegiatan di luar pekerjaan seperti menjadi sukarelawan dalam organisasi atau komunitas. 

Dengan mengambil peluang untuk memimpin ini merupakan cara mengembangkan management skill yang efektif. Sebab kamu bisa mempraktekkan pengetahuan manajemen yang kamu miliki secara langsung. Dengan demikian kamu bisa mengetahui praktik terbaik yang bisa kamu lakukan.

4. Mencari mentor

Berikutnya, mencari mentor juga merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan manajemen. Kamu bisa mencari mentor dari para senior di tempat kerja yang kamu kagumi dan ingin belajar dari senior tersebut. 

Belajar langsung dari praktisi profesional akan membuat proses belajar menjadi lebih mudah. Kamu bisa belajar langsung bagaimana cara melakukan manajemen yang efektif dari mentor tersebut. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan umpan balik dari senior yang bisa menjadi bahan untuk introspeksi diri. 

5. Terus belajar

Memiliki mindset berkembang sangat penting bagi seorang HR manager. Termasuk dalam hal meningkatkan manajemen skill yang dimiliki. 

Untuk menjadi seorang manajer yang baik kamu perlu banyak belajar. Ada banyak gaya manajemen yang perlu dipelajari, perubahan dunia bisnis, karakteristik anggota, kebutuhan anggota tim dan lain sebagainya. Dengan terus belajar kamu bisa mengetahui praktik mana yang paling cocok untuk diimplementasikan.

Cara mengembangkan management skill yang efektif memang tidak mudah diperlukan konsistensi dan komitmen yang kuat. Namun skill yang satu ini merupakan investasi jangka panjang bagi diri sendiri yang akan sangat berguna baik dalam bidang HR maupun pekerjaan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Mengembangkan Management Skill yang Efektif Bagi HR Manager
× Chat Admin Kelas HR