fbpx
Skip to content

Mengenal Jenis Jenis Kompensasi Bagi Karyawan

Jenis jenis kompensasi tersebut terdiri dari kompensasi tunai langsung, kompensasi tunai tak langsung dan kompensasi non tunai. 

Pemberian kompensasi kepada karyawan bisa diberikan dalam beberapa bentuk. Jenis jenis kompensasi tersebut terdiri dari kompensasi tunai langsung, kompensasi tunai tak langsung dan kompensasi non tunai. 

Kompensasi adalah bagian penting dari hubungan antara perusahaan dan karyawan. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang jenis-jenis dari kompensasi bagi karyawan, simak penjelasannya di bawah ini. 

Jenis Jenis kompensasi

Kompensasi yang bisa didapatkan oleh karyawan ada 3 jenis. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga jenis tersebut:

1. Kompensasi tunai langsung

Jenis yang pertama kompensasi yang diberikan kepada karyawan dalam bentuk tunai langsung. Kompensasi ini bisa didapatkan dalam bentuk gaji, insentif, pesangon, pembagian laba dan lain sebagainya. 

2. Kompensasi tunai tidak langsung

Selanjutnya, kompensasi juga bisa diberikan kepada karyawan namun tidak langsung dalam bentuk uang. Jadi, perusahaan akan menggunakan bantuan pihak ketiga seperti pemberian BPJS, fasilitas internet dan lain sebagainya. 

3. Kompensasi non finansial

Terakhir adalah kompensasi yang tidak berupa uang. Kompensasi ini bisa berupa kesempatan untuk oengembangan diri, lingkungan kerja yang baik dan suportif, cuti dan lain sebagainya. 

Bentuk-Bentuk Kompensasi

Dari jenis jenis kompensasi di atas, pemberian kompensasi tersebut dapat diberikan dalam berbagai bentuk. Berikut ini adalah bentuk-bentuk kompensasi:

1. Gaji 

Gaji adalah kompensasi yang diberikan kepada karyawan langsung dalam bentuk tunai. Pemberian gaji biasanya dilakukan secara periodik seperti bulanan. Besarnya gaji tetap dapat bervariasi berdasarkan peran pekerjaan, pengalaman, dan tingkat pendidikan karyawan.

2. Tunjangan

Tunjangan adalah bentuk kompensasi tambahan yang diberikan kepada karyawan untuk biaya-biaya tertentu. Pemberian tunjangan juga dibedakan menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Tunjangan tetap biasanya meliputi tunjangan transport, maintenance fasilitas kerja dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tunjangan tidak tetap biasanya berdasarkan kehadiran atau hanya untuk situasi tertentu seperti tunjangan makan, lembur dan lain sebagainya.

3. Bonus

Bonus adalah bentuk kompensasi yang diberikan sebagai penghargaan atas kinerja atau pencapaian tertentu. Pemberian bonus bisa diberikan berdasarkan hasil individu, tim, atau bahkan pencapaian perusahaan secara keseluruhan.

4. Pembagian saham 

Banyak perusahaan menawarkan program saham karyawan yang mana perusahaan memberi kesempatan kepada karyawan untuk membeli saham perusahaan dengan harga diskon atau mendapatkan saham sebagai bagian dari kompensasi mereka. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan jangka panjang.

5. Fasilitas

Selain kompensasi di atas, ada juga kompensasi yang diberikan dalam bentuk fasilitas kantor. Kompensasi ini berupa berbagai fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas karyawan. Beberapa kompensasi jenis ini antara lain adalah asuransi kesehatan, cuti berbayar, program kesejahteraan karyawan, waktu kerja yang fleksibel, dan kesempatan pengembangan karir. 

Itu tadi adalah jenis jenis kompensasi yang bisa didapatkan oleh karyawan. Pemberian kompensasi yang layak bisa meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja tentunya hal ini akan berbanding lurus dengan kemajuan bisnis perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenal Jenis Jenis Kompensasi Bagi Karyawan
× Chat Admin Kelas HR