fbpx
Skip to content

Apa Saja Jobdesk General Affair?

Secara sederhana, jobdesk general affair adalah mengelola dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa perusahaan.

General affair adalah salah satu posisi penting yang ada di perusahaan. Secara sederhana, jobdesk general affair adalah mengelola dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa perusahaan.

General affair bertugas untuk mengurus pemeliharaan fasilitas kantor, perijinan, masalah ketenagakerjaan hingga program pengembangan masyarakat. Oleh sebab itu pada beberapa perusahaan tugas general affair ini dibebankan kepada HR karena ruang lingkung pekerjaan mereka yang hampir sama. 

Jobdesk General Affair

Menjadi seorang general affair tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar. General affair tidak hanya bertugas untuk melakukan pengadaan barang dan fasilitas kantor saja, namun ada beberapa tugas penting lainnya yang menjadi tanggung jawab general affair. 

Lantas apa saja tugas general affair tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pengadaan barang dan fasilitas kantor

Tugas pertama seorang general affair yang umum diketahui adalah dalam hal pengadaan barang dan fasilitas kantor yang diperlukan. Setiap divisi perusahaan tentunya membutuhkan fasilitas tertentu untuk menunjunjang kinerja mereka. 

Nah, disinilah tugas seorang general affair. Mereka akan melakukan pendataan barang apa saja yang dibutuhkan oleh tiap divisi. 

Nantinya general affair akan melakukan pengecekan apakah barang tersebut benar benar dibutuhkan atau tidak. Selain itu general affair juga akan memeriksa prioritas perusahaan yang harus didahulukan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. 

2. Mengatur pembelian dan pembayaran secara rutin

Jobdesk general affair yang selanjutnya adalah mengatur pembelian dan pembayaran yang ada di perusahaan. Beberapa fasilitas kantor seperti atk, listrik, jaringan internet, air dan pembayaran lainnya yang dilakukan secara berkala merupakan tanggung jawab general affair. 

Nantinya, general affair akan melakukan penagihan pada bagian keuangan kemudian menyetorkan pembayaran tersebut. Namun terkadang pada perusahaan besar kebutuhan semacam ini sudah dilakukan secara otomatis melalui sistem yang terintegrasi. 

3. Melakukan pemeliharaan aset dan fasilitas perusahaan

Berikutnya, tugas dari general affair adalah melakukan pemeliharaan fasilitas kantor. Jadi, general affair tak hanya mengurus pengadaan barang dan pembelian saja namun juga bertugas untuk melakukan pemantauan secara berkala. 

Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi fasilitas dan aset tersebut dan memastikannya tetap berfungsi dengan baik agar menjaga kelancaran operasional perusahaan. Namun pemantauan kondisi ini tidak berarti harus dilakukan general affair secara langsung, mereka bisa melakukan pemantauan tersebut dari karyawan atau divisi yang menggunakan fasilitas tersebut. 

Jadi, wajar saja jika seorang general affair memiliki sikap yang tegas. Sebab mereka bertanggung jawab untuk memelihara fasilitas perusahaan dan memastikan penggunaannya tidak sembarangan.

4. Mengurus renovasi kantor dan pembukaan cabang baru

Jika perusahaan membutuhkan renovasi atau pembukaan cabang baru maka hal tersebut juga termasuk dalam jobdesk general affair. Mereka bertugas untuk melakukan pengelolaan dan pembelian barang-barang yang dibutuhkan untuk kepentingan tersebut. 

5. Mengatur kebutuhan administrasi dan perizinan

Selanjutnya, tugas yang dimiliki oleh general affair adalah terkait kebutuhan administrasi dan perizinan perusahaan. Sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk menyiapkan berkas-berkas administrasi yang dibutuhkan.

Baik itu untuk perizinan dengan pemerintah setempat, kepolisian dan lain sebagainya. Jadi, tugas general affair juga menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak eksternal perusahaan. 

6. Memastikan pembayaran tenaga kerja harian

Pembayaran upah tenaga kerja lepas di perusahaan adalah tanggung jawab dari general affair. Jadi, general affair bertugas untuk menentukan besarnya upah bgi mereka. 

Nah, itu tadi adalah beberapa jobdesk general affair. Jadi, bagi kamu yang ingin berkarir di bidang ini bisa mulai mempersiapkan skill apa saja yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas seperti di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa Saja Jobdesk General Affair?
× Chat Admin Kelas HR