fbpx
Skip to content

Seberapa Penting Sertifikasi BNSP Bagi HR?

 

Memiliki keunggulan dibanding pelamar kerja kerja lain akan meningkatkan peluang untuk bisa diterima di suatu perusahaan. Termasuk ketika ingin berkarir sebagai HR secara profesional. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sertifikasi BNSP bagi HR. 

Bagi yang belum tahu, BNSP merupakan organisasi resmi pemerintah yang memberikan sertifikasi profesi di indonesia. Sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP ini diakui secara nasional bahkan tingkat regional terutama Asia Tenggara. 

Lantas apakah penting bagi seorang HR memiliki sertifikat BNSP tersebut? Selengkapnya simak ulasan berikut ini. 

Apakah HR Wajib Melakukan Sertifikasi BNSP?

Bagi HR, melakukan sertifikasi kompetensi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Hal tersebut sebagai tercantum dalam Surat Keputusan Menaker Nomor 115 Tahun 2022 tentang Pemberlakukan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Managemen Sumber Daya Manusia.

Dalam peraturan juga dijelaskan bahwa memberlakukan wajib sertifikasi kompetensi kerja ini berlaku pada bidang berikut ini:

  •         Pelatihan dan pengembangan.
  •         Manajemen kerja. 
  •         Peningkatan produktivitas. 
  •         Hubungan industrial. 
  •         Sistem remunerasi. 
  •         Pengelolaan talenta. 

Berdasarkan peraturan di atas maka sebagai HR penting untuk melakukan sertifikasi kompetensi dan memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP sebab BNSP merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang melakukan pengukuran dan penilaian terhadap profesi yang ada di indonesia. Dengan demikian sertifikat yang didapatkan juga lebih kredibel dan diakui secara nasional hingga ke Asia Tenggara.

Apa Manfaat Sertifikasi BNSP bagi HR?

Apabila ingin mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP, seorang HR harus lulus ujian kompetensi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi yang sudah mendapatkan lisensi dari BNSP terlebih dahulu. Dengan mendapatkan sertifikasi BNSP bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi seorang HR, diantara adalah sebagai berikut:

1. Menjamin kualitas

Dengan melakukan sertifikasi ini bisa menjamin kualitas kerja seseorang. Hal ini karena proses sertifikasi sebelumnya juga melibatkan penilaian terhadap kompetensi seseorang pada bidang tertentu. Dengan demikian seorang yang memiliki sertifikasi BNSP dipastikan sudah memiliki pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan pada bidangnya. 

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Memiliki sertifikasi BNSP bagi HR juga bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika bersaing di dunia kerja. Terutama bagi para fresh graduate yang baru memulai karir dan ingin menjadi seorang HR professional. 

3. Meningkatkan peluang karir

Manfaat berikutnya adalah dapat memberikan peluang karir yang lebih besar. Pasalnya sertifikasi ini menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar tertentu pada bidang pekerjaannya. 

4. Meningkatkan kinerja

Selain meningkatkan kualitas yang dimiliki, sertifikasi BNSP juga membantu meningkatkan kinerja seseorang. Sebab ketika sertifikasi juga melibatkan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan bidangnya. 

5. Memudahkan perusahaan menemukan kandidat terbaik

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, sertifikasi BNSP bagi HR juga bermanfaat bagi perusahaan. Dengan sertifikasi ini tim HR dari perusahaan akan lebih mudah menemukan kandidat yang tepat dan memenuhi kualifikasi perusahaan. 

Itu tadi adalah penjelasan mengenai pentingnya sertifikasi BNSP bagi HR. Dengan memiliki sertifikasi ini bisa membantu meningkatkan peluang karir secara profesional dan meningkatkan kualitas yang dimiliki bagi para praktisi HR.

Ingin Kompetensimu diakui oleh negara melalui sertifikasi BNSP ? Jangan lupa join Kelas HR program “Pelatihan dan Sertifikasi HR Staff batch 21” 

Join Link : Sertifikasi HR Staff BNSP – KelasHR

Semoga bermanfaat.

Kelas HR
Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seberapa Penting Sertifikasi BNSP Bagi HR?
× Chat Admin Kelas HR