fbpx
Skip to content

5 Alasan Pentingnya Kesejahteraan Karyawan di Perusahaan

Seberapa penting kesejahteraan karyawan bagi perusahaan? Bagi kamu yang berada di profesi HR atau sebagai pemilik bisnis sebaiknya simak beberapa alasan pentingnya kesejahteraan karyawan bagi perusahaan di bawah ini. 

Kesejahteraan karyawan memegang peran kunci dalam mempertahankan karyawan hingga menjadi faktor yang bisa menarik karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan atau employee well being adalah hal yang penting dalam dunia kerja. Karyawan yang sejahtera adalah karyawan yang merasa sehat secara fisik, mental, emosional, karir dan juga ekonominya. Bahkan dewasa ini mulai banyak perusahaan yang memberikan program kesejahteraan bagi karyawannya mulai dari peningkatan fasilitas, opsi kerja jarak jauh dan pemberian dukungan kepada karyawan. 

Penurunan kesejahteraan karyawan bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental karyawan. Bahkan bisa mempengaruhi produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Dengan demikian perusahaan harus mempertimbangkan ulang alasan pentingnya kesejahteraan karyawan bagi perusahaan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh CIPD tahun 2020 tentang kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja menunjukkan bahwa hampir 90% karyawan pernah bekerja saat sakit. 

Hal ini seharusnya menjadi indikator bagi perusahaan bahwa manajemen mereka sebenarnya masih buruk dan kurang memperhatikan kesejahteraan karyawan. Menurut McKinsey, stress di tempat kerja ini meningkatkan kerugian perusahaan di Amerika Serikat sebanyak 200 Miliar dolar per tahun.

Alasan Pentingnya Kesejahteraan Karyawan

Peningkatan kesejahteraan karyawan tak hanya memberikan dampak positif bagi karyawan saja, namun juga memberikan manfaat kepada perusahaan secara langsung. Dalam dunia bisnis, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kesejahteraan karyawan itu sangat penting bagi perusahaan:

  1. Peningkatan Produktivitas

Kesejahteraan berbanding lurus dengan peningkatan produktivitas dan kinerja mereka. Sebab karyawan yang merasa lebih sehat dan bahagia akan menunjukkan perilaku yang lebih baik Hal ini juga meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka di tempat kerja. 

  1. Peningkatan Motivasi Kerja

Berikutnya, alasan pentingnya kesejahteraan karyawan bagi perusahaan adalah bisa meningkatkan motivasi kerja mereka. Karyawan yang merasa lebih sejahtera hidupnya dari segi fisik, mental dan finansial akan mereka lebih termotivasi untuk terlibat dengan pekerjaannya. 

Dilansir dari Gallup, karyawan yang sejahtera 3 kali lebih mungkin untuk terlibat dengan pekerjaannya. Dengan demikian karyawan akan lebih berkomitmen dalam menjalankan tugas-tugasnya.

  1. Peningkatan Retensi Karyawan

Jika karyawan merasa sejahtera, motivasi kerja meningkat, dan merasa diakui maka mereka akan cenderung bertahan lebih lama berada di perusahaan tersebut. Ketika karyawan sudah mendapatkan apa saja yang mereka cari di tempat sekarang maka mereka akan lebih loyal dan kecil kemungkinan akan mencari pekerjaan lain.

  1. Menarik Kandidat baru

Selain berdampak baik bagi internal perusahaan, ternyata program kesejahteraan karyawan ini juga mempengaruhi orang-orang di luar perusahaan. Informasi bahwa suatu perusahaan sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon karyawan baru yang akan melamar di tempat tersebut. 

  1. Peningkatan Kompetensi Karyawan

Karyawan yang sejahtera hidupnya memungkinkan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pengembangan diri. Hal ini tentu saja akan bermanfaat bagi perusahaan, jika karyawan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya melalui berbagai program pelatihan dan pengemabngan maka bisa membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan. 

Itu tadi adalah beberapa penjelasan singkat mengenai alasan pentingnya kesejahteraan karyawan bagi perusahaan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Alasan Pentingnya Kesejahteraan Karyawan di Perusahaan
× Chat Admin Kelas HR