fbpx

Ingin Mengurangi Budget Operasional SDM atau Kamu Ingin Meningkatkan Produktivas Kerja Karyawan di Perusahanmu ?

Coba Terapkan Metode Six Sigma di Perusahaanmu !!

Apa Itu Six Sigma?
Six Sigma adalah metode manajemen yang dirancang untuk meningkatkan kualitas proses kerja, dari mengoptimalkan produktivitas, mengurangi kesenjangan, memangkas biaya, hingga meningkatkan penjualan. Dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi, Six Sigma menjamin minimnya kesalahan, dengan hanya sekitar 3,4 cacat dalam setiap satu juta peluang.

Kamu Harus tahu bahwa Metode ini sudah banyak digunakan oleh Perusahaan Dunia.

Konsep Six Sigma dikembangkan pada tahun 1987 oleh Motorola

Selain Motorola berikut perusahaan dunia yang memakai konsep ini diantaranya :  GE (General Electric), Allied Signal, IBM, 3M, Amazon, BAE Systems, Bank of America, Boeing, Dell, Ford Motor Company, Sears, United States Army, United States Marine Corps, Wipro, Dll.

Contoh Penerapan Six Sigma di Fungsi HR

Di salah satu “Six Sigma Project” yg aku pimpin dengan tujuan meningkatkan rasio disiplin pekerja di tahun 2013 di salah satu Cabang PT XX dgn Total 287 pekerja hasilnya sebagai berikut:

Terjadi peningkatan disiplin sebesar 25,52% dalam 3bulan. Dari semula tingkat kedisiplinan pekerja di angka 54,98% setelah 3 bulan di lakukan improvement meningkat menjadi 80,50%. Dan terjadi saving cost senilai Rp. 250.674.931.

250 juta itu saving cost dalam 3 bulan lho, Klo dibiarkan terus perusahaan bisa terjadi pemborosan sekitar 1M/tahun.

Inilah alasan Mengapa Harus Memakalai Six Sigma

  1. Perbaikan Berkelanjutan yang Terukur: Six Sigma adalah metodologi yang sangat terstruktur dan terukur, mengikuti pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Ini memastikan bahwa setiap langkah dalam perbaikan dipandu oleh analisis data yang kuat. Dengan pendekatan ini, Anda dapat mengukur dampak perubahan dan memastikan bahwa perbaikan yang dicapai bersifat berkelanjutan.
  2. Pengambilan Keputusan Berbasis Fakta: Six Sigma mendorong keputusan yang berdasarkan bukti dan data, bukan hanya intuisi atau spekulasi. Ini mengurangi risiko kesalahan dan memastikan bahwa solusi yang diimplementasikan berdasarkan analisis yang mendalam.
  3. Fokus pada Kepuasan Pelanggan: Six Sigma menempatkan kepuasan pelanggan sebagai fokus utama. Dengan mengurangi variasi dan cacat dalam proses, Anda dapat memberikan produk dan layanan yang lebih konsisten dan sesuai dengan harapan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.
  4. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas: Dengan mengidentifikasi dan menghilangkan langkah-langkah tidak perlu dan ineffisien dalam proses, Six Sigma dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan. Ini dapat menghasilkan penghematan biaya dan waktu yang signifikan.
  5. Pengembangan Karyawan dan Budaya Perbaikan: Six Sigma melibatkan karyawan dari berbagai tingkatan dalam perbaikan proses. Ini dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan memberikan mereka keterampilan analitis yang bernilai. Lebih dari itu, Six Sigma membantu membangun budaya perbaikan berkelanjutan di seluruh organisasi.

Selain itu, Desain thinking yang di bangun “six sigma” Sangat membantu untuk memudahkan kerjaan sehari-hari. 

Pengetahuan six sigma Methodologi ini kepake banget untuk menyelesaikan berbagai problem/Gap di perusahaan.

Contoh problem di di HR yang bisa di solve, Seperti rasio kedisiplinan, masalah turnover, masalah kinerja karyawan, cost berlebih, dan masih banyak lagi.

Jadilah “berbeda” dengan rekanmu…

Pastikan kerja lebih SMART dan lebih Produktif. metode Six Sigma ini highly recomended untuk anda kuasai.

Ikutilah Program Berikut:

Apa Saja Yang Akan Dibahas?

MATERI:

  1. Understanding 6 Sigma Concept
  2. Voice of Customer
  3. Voice of Business
  4. Step by Step 6 SigmaImplementation
  5. Pareto
  6. Fishbone Concept
  7. 6 Sigma as Tools for improvement

Fasilitator

NUR MUHAMAD RIVAI, M.M., CGMHR., CAC

 

  • Certified Six Sigma Black Belt from Caterpillar, USA.

  • HR Practitioner with more than 20 years of experiences in Process Management in Strategic for HR and its Operations

  • Certified HR General Manager BNSP RI

Jadwal Pelaksanaan

Jum'at- Sabtu
26-27 Juli 2024
Jam 19.30 - 21.30 WIB
Online Via zoom

Fasilitas

Testimoni peserta

Liputan Media Nasional

Normal Price : R̶p̶ ̶2̶8̶8̶.̶0̶0̶0̶

Early Bird Price :
Rp 188.000,00- 
(s.d 23 Juli 2024)

Dapatkan Voucher 100Ribu Untuk 10 orang Pertama 

Daftar Disini

⛔Isilah Form Dengan Benar! ⛔
Isilah Nama Lengkap Bukan Nama Panggilan! dan Tulis No Whatsapp Aktif Anda. Karena Link zoom akan dibagikan Di Whatsap H-2

Loading...
Post Views: 0