fbpx
Skip to content

Six SIgma

Implementasi Six Sigma di pekerjaan HR

2012 adalah tahun pertama aku menjadi Project Leader dengan menggunakan Six Sigma Methodologi untuk menyelesaikan sebuah Gap di organisasi. Dan saat itu masih dimentorin ama Master Trainer Six Sigma dri USA yg make sure klo aku dapat menggunakan tools ini dengan benar dan menemukan solusi untuk mengatasi Gap (masalah) tersebut+ solusinya bisa di implementasikan & berdampak.

Di salah satu “Six Sigma Project” yg aku pimpin dengan tujuan meningkatkan rasio disiplin pekerja di tahun 2013 di salah satu Cabang PT XX dgn Total 287 pekerja hasilnya sebagai berikut:

Terjadi peningkatan disiplin sebesar 25,52% dalam 3bulan. Dari semula tingkat kedisiplinan pekerja di angka 54,98% setelah 3bulan di lakukan improvement meningkat menjadi 80,50%. Dan terjadi saving cost senilai Rp. 250.674.931.

250juta itu saving cost dalam 3 bulan lho, Klo dibiarkan terus perusahaan bisa terjadi pemborosan sekitar 1M/tahun.

Lumayan bgt Khan?

“Six Sigma” merupakan suatu metode atau tools manajemen untuk meningkatkan kualitas dari suatu proses pekerjaan, dari meningkatkan produktivitas, mengurangi Gap, mengurangi cost, meningkatkan penjualan, dst.

Setelah menguasai penggunaan Six Sigma dgn menyelesaikan beberapa projek di bidang HR dan Non-HR aku jadi terbiasa menggunakanya untuk menyelesaikan masalah2 dikerjaan bahkan sampai hari ini (2022).. Khususnya cara berpikir dalam menyelesaikan masalah. Desain thinking yang di bangun “six sigma” Sangat membantu untuk memudahkan kerjaan sehari-hari.

Pengetahuan six sigma Methodologi ini kepake banget untuk menyelesaikan berbagai problem/Gap di perusahaan. Contoh problem di di HR yang bisa di solve, Seperti rasio kedisiplinan, masalah turnover, masalah kinerja karyawan, cost berlebih, dan masih banyak lagi.

Kalau anda ingin “berbeda” dengan rekan kerja lain di kantor, pastikan kerja lebih SMART dan lebih Produktif. metode Six Sigma ini highly recomended untuk anda kuasai .

Untuk anda yang mau mengenal implementasi dan penggunaan Six Sigma , anda bisa ikuti kegiatan Webinar: “Six Sigma Implementation in HR Function” Di link:

bit.ly/Web6sigma

Atau Chat admin by WA

#training
#sixsigma