fbpx

Mengatasi Perubahan Target Bisnis dengan Mengoptimalkan Objective dan Key Result (OKR) dalam Mengukur Kinerja

Di antara cerita sukses penerapan OKR, Google adalah contoh yang paling terkenal. Google telah memanfaatkan OKR sejak awal berdirinya, mengarahkan perjalanan suksesnya. Dari awal yang sederhana hingga keberhasilan saat ini, Google secara konsisten merumuskan OKR tahunan dan triwulanan. Dedikasi ini tercermin dalam pertemuan berkala di seluruh perusahaan untuk berbagi, diskusi, dan mengevaluasi OKR-OKR ini.

OKR Mendorong Evolusi Google Chrome

Salah satu contoh efektivitas OKR yang menarik terjadi pada tim Chrome di Google. Saat itu, tim Chrome menetapkan OKR yang ambisius:

Tujuan: Mengembangkan platform klien generasi berikutnya untuk aplikasi web
Hasil Utama: Mencapai 20 juta pengguna aktif tujuh hari

OKR ini, meskipun menuntut, mencerminkan komitmen mereka terhadap inovasi. Mencapai tonggak ini memerlukan beberapa triwulan, sehingga OKR ini terus diulang beberapa kali. Sejauh jumlah tugas yang dibuat, kita tidak akan pernah tahu pastinya, tetapi angka ribuan sangat mungkin.

Hasilnya? Perjalanan luar biasa dari OKR yang tekun dan berorientasi tunggal hingga Chrome mendominasi pangsa pasar browser dengan 70% yang mengesankan.

Sebuah Fenomena yang Meluas

Penggunaan OKR oleh Google tidaklah terisolasi. Ini adalah bagian dari tren lebih luas yang diamati di antara perusahaan-perusahaan yang tumbuh cepat dan berorientasi pada fleksibilitas. Facebook, Salesforce, Spotify, Twitter, LinkedIn, Airbnb, dan banyak perusahaan teknologi lainnya telah merangkul OKR sebagai kompas strategis mereka, mendorong pertumbuhan dan inovasi.

Saat lanskap digital terus berkembang dan perusahaan-perusahaan berupaya berkembang di pasar yang dinamis, pendekatan OKR semakin menjadi instrumen yang penting. Kisah sukses Google menjadi bukti inspiratif tentang potensi transformasi OKR, mendorong bisnis untuk unggul dan mencapai pertumbuhan luar biasa.

Mengapa Memilih OKR?

  1. OKR (Objectives and Key Results) adalah kerangka kerja revolusioner yang membantu organisasi menetapkan, melacak, dan mencapai tujuannya. Ini bukan hanya metode—ini adalah budaya akuntabilitas, penyelarasan, dan peningkatan berkelanjutan.

10 Alasan Teratas Memilih OKR:

  1. Keterukuran & Keterkaitan: OKR menawarkan metrik objektif untuk mengukur kemajuan Anda.
  2. Penyelarasan Organisasi: Menyatukan fokus tim dan mendukung visi bersama.
  3. Peningkatan Fokus: Membatasi tujuan untuk menjaga organisasi tetap fokus.
  4. Keterlibatan Karyawan: Menyediakan tujuan yang berarti untuk meningkatkan motivasi.
  5. Kemampuan Menyesuaikan: Dapat dengan mudah disesuaikan setiap siklus untuk memenuhi prioritas yang berubah.
  6. Transparansi & Akuntabilitas: Membuat tujuan dan kemajuan terlihat oleh semua pihak.
  7. Pemantauan Kinerja: Menawarkan metrik objektif untuk kinerja individu, tim, dan organisasi.
  8. Budaya Pembelajaran: Mendorong lingkungan peningkatan berkelanjutan.
  9. Skalabilitas: Cocok untuk tim dari semua ukuran, dari startup hingga perusahaan Fortune 500.
  10. Jejak Rekam Terbukti: Berhasil diimplementasikan oleh pemimpin industri seperti Google, Intel, dan LinkedIn.

Ingin Memahami Tentang OKR

 ⬇ ⬇ ⬇

Kamu Bisa Ikuti Program :

Apa Saja Yang Akan Dibahas?

  1. Definisi OKR 
  2. Manfaat dan Tantangan OKR
  3. Komponen OKR
  4. OKR yang Efektif
  5. Pembuatan PKR
  6. Menyelaraskan OKR dengan Strategi Bisnis
  7. Implementasi OKR
  8. Studi Kasus

Fasilitator

Kenali Pemateri Anda: 

Hendra Etri Gunawan

Sebagai seorang Trainer dan Public Speaker, Hendra telah memberikan wawasan dan pembelajaran yang mendalam dalam berbagai topik terkait Produktivitas Karyawan, Keterlibatan Karyawan Generasi Z, Mengelola Stres, hingga Objective Key Result (OKR) dan banyak lagi.

Keahliannya dalam menerapkan prinsip OKR telah teruji sejak lama, dimulai dari pengalamannya di Perusahaan Bukalapak Indonesia. Saat ini, sebagai Head of Academy (GM Level) di Amartha, ia terus mengukir jejaknya dalam menginspirasi dan membentuk para pemimpin masa depan.

Selain itu, Hendra Etri Gunawan Pernah menduduki posisi sebagai Senior Talent Management Analyst (Manager Level) di LPDP Kementrian keuangan RI,  HR Manager di PT Behrindo Nusa Perkasa dan PT Wironton Baru. Dengan Pengalaman lebih dari 13 Tahun sebagai HR berbagai industri, Hendra telah membawa sejumlah penghargaan level nasional untuk perusahaan tempat dia bekerja. Dan pada Tahun 2019 Hendra Etri Gunawan dinobatkan Sebagai HR Future Leader Versi Majalah Bisnis SWA

Jadwal Pelaksanaan

Selasa
28 Mei 2024
Jam 19.30 - 21.30 WIB
Online Via zoom

Fasilitas

Testimoni Peserta Dari Event Kelas HR

Normal Price
283.000

Early Bird Price :
Rp 183.000 
(s.d 25 Mei 2024)

Dapatkan Voucher 100Ribu Untuk 10 orang Pertama 

Daftar Disini

⛔Isilah Form Dengan Benar! ⛔
Isilah Nama Lengkap Bukan Nama Panggilan! dan Tulis No Whatsapp Aktif Anda. Karena Link zoom akan dibagikan Di Whatsap H-2

Loading...