fbpx

Ini Beberapa Alasannya Perusahaan Anda Tidak Mencapai Tujuan Perusahaan

  1. Kualitas dan Kuantitas SDM:
    Salah satu faktor utama penghambat pencapaian tujuan perusahaan ialah kurangnya kualitas dan kuantitas SDM Layak. Ketika perusahaan kekurangan SDM yang layak akan sulit untuk mencapai tujuan perusahaan, Mengapa demikian ? karena SDM yang layak akan berpengaruh pada mampu dan tidaknya seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dan hal ini menjadi dampak negatif bagi perusahaan.
  2. Budaya organisasi:
    Budaya organisasi yang baik akan mendukung ketercapaian tujuan perusahaan, namun jika sebaliknya budaya ini akan menimbulkan sisi negatif dimana akan muncul kesenjangan antara nilai-nilai yang perusahaan anut dan nilai-nilai yang di pegang karyawan. Dan secara tidak langsung akan berpengaruh signifikan pada motivasi dan kinerja mereka. Contohnya Perusahaan mengeluarkan inovasi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman, namun budaya lingkungannya tidak mendukung dimana pengambilan keputusan dan risiko menjadi sukar untuk dibuat.
  3. Kerjasama Antar Karyawan:
    Kerjasama antar karyawan sangat penting dilakukan, namun ketika kurangnya kolaborasi dan kerjasama yang dihasilkan antar karyawan akan menjadi faktor penghambat dalam mencapai tujuan perusahaan. Contohnya terjadi konflik antar tim atau departemen yang akan mengganggu aliran kerja dan menghambat pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan.
  4. Kepemimpinan:
    Kepemimpinan yang efektif akan berpengaruh signifikan pada tujuan perusahaan. Nyatanya jika perusahaan tidak memiliki pemimpin yang mampu menjadi contoh yang baik, salah satunya tidak mampu mengkomunikaiskan visi, dan memberikan arahan yang jelas serta memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan timnya hal ini dapat menghambat motivasi dan kinerja karyawan.
  5. Sistem Kerja:
    Sama dengan sistem kerja yang tidak efektif dan efisien juga akan menghambat perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jika proses kerja tidak terorganisir dengan baik, terlalu rumit, atau tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan, hal ini dapat menghambat produktivitas dan pencapaian tujuan. Maka dari itu Penting sekali perusahaan untuk bisa memastikan bahwa sistem kerja yang ada mendukung aliran kerja yang efisien.

  

Lalu, Mengapa penting perusahaan harus menyusun OD dengan baik?

Dengan penerapan Organization Development strategy yang baik perusahaan akan mendapatkan kinerja maksimal dari anggotanya. Mengapa demikian? Dengan Perusahaanmu menrapkan Praktik organization development yang tepat, hasilnya akan  bisa membantumu dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan dalam sistem organisasi yang tidak sesuai. Contohnya perusahaan bisa mengoptimalkan struktur, budaya, dan proses organisasi, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kepuasan pelanggan.

Karena komunikasi yang efektif merupakan hal penting yang wajib perusahaan miliki. Melalui penyusunan organization development strategy yang tepat perusahaan dapat memiliki pendekatan yang terstruktur, seperti pelatihan tim dan pembangunan kepemimpinan, organisasi dapat memperbaiki hubungan antarindividu, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, dan meningkatkan koordinasi dalam tim. Hal ini membantu menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, saling mendukung, dan efektif.

Dengan melakukan organization development strategy yang tepat juga Perusahaan  akan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang cepat dan memiliki keunggulan kompetitif yang lebih besar. Yang mana Organization development membantu perusahaan menghadapi perubahan secara proaktif dengan membangun fleksibilitas dan ketangguhan organisasi. Ini mencakup mengidentifikasi dan mengelola perubahan organisasi, merancang strategi transisi yang efektif, serta melibatkan karyawan dalam proses perubahan.

Didalam Praktik Organization Development yang baik perusahaan dapat  meningkatkan tingkat keterlibatan karyawan. Keterlibatan karyawan merujuk pada tingkat komitmen, motivasi, dan kepuasan karyawan terhadap pekerjaan dan organisasi mereka. Dengan melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan, memberikan kesempatan pengembangan karir, dan menciptakan budaya yang teratur, dan perusahaan dapat menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa bernilai dan termotivasi untuk memberikan kontribusi maksimal.

Praktik organization development yang efektif mendorong budaya inovasi dan kreativitas di Perusahaan. Dengan memberikan dukungan dan ruang untuk ide-ide baru, mendorong kolaborasi lintas tim,dll. Perusahaan dapat meningkatkan kemampuannya untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Ini dapat membantu perusahaan tetap relevan dan berkelanjutan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.

Ingin Tahu Lebih Lanjut tentang bagaimana Organization Development Strategies ini bisa maksimal diterapkan diperusahaan ?

 ⬇ ⬇ ⬇

Kamu Bisa Ikuti Program :

Apa Saja Yang Akan Dibahas?

  1. Analisis Organisasi
  2. Visi, Misi, dan Nilai Organisasi
  3. Perencanaan Strategis
  4. Pengembangan Kepemimpinan
  5. Pengelolaan Perubahan
  6. Budaya Organisasi
  7. Pengembangan Keterampilan dan Kapasitas
  8. Kolaborasi dan Tim Kerja
  9. Pengelolaan Kinerja
  10. Praktek Pembuatan Organization Development Plan
  •  

Fasilitator

Anung Anindita

Anung Anindita adalah seorang profesional dengan pengalaman yang mendalam di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan kepemimpinan strategis. Dalam kurun waktu lebih dari 20 Tahun, beliau telah menjabat di berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Bermula dari tahun 1995, ia berperan sebagai Labor Economist di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia , lalu sebagai Senior Vice President Strategy Human Capital di PT. Pegadaian, Senior Lead Consultant yang bekerja mandiri di bidang konsultasi, pelatihan, dan coaching, hingga Vice President Human Resources di PT Avrist Assurance. DI PT. Trakindo Utama sebagai HC Business Partner dan HC Strategy & Planning, serta di perusahaan besar seperti Holcim Indonesia dan Telkomsel, di mana ia menjabat beberapa posisi penting seperti Organization Design & Development Manager dan Advisor. Dalam setiap peran yang beliau pegang, Anung selalu menunjukkan keahliannya dalam pengembangan organisasi, manajemen kinerja, perencanaan SDM strategis, dan berbagai aspek lainnya yang terkait dengan manajemen SDM.

Jadwal Pelaksanaan

Kamis - Jumat, 20 - 21 Juni 2024
Jam 19.30 - 21.30 WIB
Online Via zoom

Fasilitas

Normal Price
298.000

Early Bird Price :
Rp 198.000 

(S.d 18 Juni 2024)

Dapatkan Voucher 100Ribu Untuk 10 orang Pertama 

Daftar Disini

⛔Isilah Form Dengan Benar! ⛔
Isilah Nama Lengkap Bukan Nama Panggilan! dan Tulis No Whatsapp Aktif Anda. Karena Link zoom akan dibagikan Di Whatsap H-2

Loading...