fbpx

Atau Pekerjaan jadi tumpang tindih sehingga tidak memiliki penanggung jawab yang jelas? Atau bahkan pekerjaan pada satu jenis memiliki terlalu banyak penanggung jawab?

Sudah saatnya anda melakukan "Job Analysis" Dengan benar

Mengapa HR Wajib Menguasai Job Analysis?

  • Menyusun Job Description Akurat & Menarik: Job Analysis membantu Anda mengidentifikasi tugas, tanggung jawab, dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk suatu posisi, sehingga Anda dapat menulis Job Description yang akurat dan menarik untuk para kandidat terbaik.
  • Mempermudah Proses Rekrutmen: Job Analysis yang tepat membantu Anda membuat kriteria seleksi yang jelas, mempermudah proses penyaringan kandidat, dan menghemat waktu Anda.
  • Meningkatkan Kualitas Karyawan: Dengan memahami Job Analysis, Anda dapat memastikan kandidat yang direkrut memiliki kompetensi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, sehingga meningkatkan kinerja tim dan produktivitas perusahaan.
  • Mengurangi Turnover Karyawan: Job Description yang akurat membantu kandidat memahami ekspektasi pekerjaan dengan baik, sehingga mengurangi risiko ketidakpuasan dan turnover karyawan.

Akibat Jika Seorang HR tidak Menguasai Job Analaysis !!

  1. Rekrutmen dan Seleksi yang Tidak Tepat: Tanpa pemahaman yang baik tentang job analysis, HR mungkin kesulitan dalam merancang deskripsi pekerjaan yang akurat dan menentukan kriteria seleksi yang tepat. Akibatnya, proses rekrutmen dan seleksi dapat menghasilkan calon karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya.
  2. Penempatan Karyawan yang Salah: Kurangnya pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing posisi dapat menyebabkan HR menempatkan karyawan pada peran yang tidak sesuai dengan keterampilan, pengalaman, atau minat mereka. Ini dapat mengakibatkan kinerja yang buruk dan ketidakpuasan kerja.
  3. Kesulitan dalam Pengembangan Karyawan: Tanpa pemahaman yang baik tentang job analysis, HR mungkin kesulitan dalam merancang program pengembangan karyawan yang efektif. Mereka mungkin gagal mengidentifikasi kebutuhan pengembangan individu dan tim, serta merancang pelatihan yang sesuai.
  4. Evaluasi Kinerja yang Tidak Akurat: Kurangnya pemahaman tentang job analysis dapat menyebabkan HR menetapkan standar kinerja yang tidak realistis atau tidak relevan dengan tugas dan tanggung jawab sebenarnya. Ini dapat mengakibatkan evaluasi kinerja yang tidak akurat atau tidak adil.
  5. Ketidaksesuaian dengan Kebutuhan Organisasi: Tanpa pemahaman yang baik tentang job analysis, HR mungkin gagal mengidentifikasi perubahan kebutuhan organisasi atau tren dalam struktur pekerjaan. Ini dapat mengakibatkan kebijakan, prosedur, atau praktik HR yang tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya organisasi.
  6. Pemborosan Sumber Daya: Kesalahan dalam rekrutmen, penempatan karyawan yang tidak tepat, dan evaluasi kinerja yang buruk dapat mengakibatkan pemborosan sumber daya organisasi dalam bentuk biaya waktu, tenaga, dan keuangan.

 

“Oleh karena itu, penting bagi HR untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam bidang job analysis untuk mendukung tujuan organisasi secara keseluruhan”.

Ingin lebih Lanjut Memahami Tentang Job Analysis dan Pengimplementasiannya  ??

 ⬇ ⬇ ⬇

Kamu Wajib Ikuti Program :

Apa Saja Yang Akan Dibahas?

Materi:

  1. Understanding JOb Analysis & Job Description
  2. Explore Various Method of Job Analysis
  3. Roles of Job Analyst
  4. Designing Appropriate Job Description Template
  5. Gathering, Recording and Analyzing Information
  6. Job Analysis Interview
  7. Selecting Benchmark Jobs
  8. Completing Job Description Documents
  9. Challenges in Job Analysis Implementation
  10. Examples & Case Study

Fasilitator

Yudha Argapratama

  • Senior Manager – HR Strategy People & Organization Development at FMCG Company.
  •  Top 10 Indonesia HR Future Leader (IHRFL) 2014.
  • HR practisioner with more than 19 years experiences in National, & Multinational Company.

Jadwal Pelaksanaan

Kamis-Jumat, 16-17 Mei 2024
Jam 19.30 - 21.30 WIB
Online Via zoom

Fasilitas

Testimoni Peserta Kelas HR dari Event Lain

Liputan Media Nasional

Price : 3̶9̶6̶.̶0̶0̶0̶

Early Bird Price :
Rp 288.000

(s.d 13 Mei 2024)

Dapatkan Voucher 100Ribu Untuk 10 orang Pertama 

Daftar Disini

⛔Isilah Form Dengan Benar! ⛔
Isilah Nama Lengkap Bukan Nama Panggilan! dan Tulis No Whatsapp Aktif Anda. Karena Link zoom akan dibagikan Di Whatsap H-2

Loading...
Post Views: 0