fbpx
Skip to content

AMDAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN DALAM PROYEK-PROYEK DI INDONESIA, BENARKAH?

AMDAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN DALAM PROYEK-PROYEK DI INDONESIA, BENARKAH?

AMDAL itu apa?

Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) merupakan suatu analisis yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan dampak yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan atau proyek terhadap lingkungan. Amdal diperlukan untuk memastikan bahwa kegiatan atau proyek tersebut tidak merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Memang ada dalam undang-undang?

Tentu saja ada, Amdal diatur dalam beberapa undang-undang di Indonesia, di antaranya:

  1. Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup: Undang-undang ini mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia, termasuk penyusunan dan pelaksanaan amdal.
  2. Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999 tentang Penyusunan dan Pelaksanaan Amdal: Peraturan ini mengatur tentang tata cara penyusunan dan pelaksanaan amdal, serta tata cara pengajuan amdal kepada pemerintah.
  3. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 51 Tahun 2004 tentang Tata Cara Penyusunan dan Pelaksanaan Amdal: Peraturan ini memberikan pedoman lebih rinci tentang tata cara penyusunan dan pelaksanaan amdal, termasuk dokumen yang harus disusun dalam amdal.

Kapan AMDAL harus dibuat dan dilaksanakan?

AMDAL harus dilakukan sebelum proyek dimulai, sehingga diperlukan studi pendahuluan dan pengkajian lingkungan yang mendetail.  

AMDAL harus mencakup aspek-aspek lingkungan yang terkait dengan proyek, seperti kualitas air, kualitas udara, kualitas tanah, flora dan fauna, serta dampak terhadap masyarakat sekitar proyek. AMDAL harus diakui dan disetujui oleh pemerintah setempat sebelum proyek dimulai.

AMDAL harus diikuti dengan pemantauan terhadap dampak proyek terhadap lingkungan selama proyek berlangsung, serta tindak lanjut jika terdapat perubahan atau masalah yang terjadi.

Oh begitu, Lalu Apa Keuntungan Perusahaan Jika Menerapkan Amdal?

Menerapkan amdal merupakan bagian penting dari tata kelola lingkungan yang baik. Dengan menerapkan amdal, perusahaan dapat memastikan bahwa kegiatan atau proyek yang dilakukan tidak merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar, serta dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan.

Keuntungannya bagi perusahaan tentu ada! Diantaranya mulai dari memperkuat citra perusahaan, meningkatkan efisiensi operasional, hingga dimudahkan dalam proses perizinan daerah tersebut.

Bagaimana menurutmu?

Masih penasaran dengan Amdal dan juga Dunia Pertambangan dan Migas?

Yang ingin tau lebih lanjut tentang cara jadi HRD di dunia pertambangan & Migas. Jangan Sampe terlewat kegiatan berikut.

⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️

Link : 9 Skill Wajib Untuk HR Di Industri Pertambangan & Migas – KelasHR 

Di kelas ini kamu akan belajar tentang “9 Skill Wajib yang harus dimiliki oleh HRD di Industri Pertambangan & Migas“. Ini merupakan salah satu kelas favorit di www.kelashr.com dan sudah ratusan alumni program ini dari 5 batch yang diadakan di tahun 2022.

So yang benar-benar ingin masuk dunia “Pertambangan” & “Migas (Minyak & Gas)”, jangan sampai terlewat 😉

Info lebih lanjut jangan sampai terlewat updatean terbaru dari Kelas HR

Salam
Kelas HR
Grow Together

#kelasHR
#Amdal
#pertambangan
#migas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *