fbpx
Skip to content

Sudah Punya Sertifikasi HR BNSP? Yuk Simak Apa Saja Fungsinya Bagi Pekerja

Sebagai bagian yang krusial di perusahaan, HR memiliki tugas-tugas strategis yang sangat penting dan membutuhkan skill serta kompetensi tertentu. Salah satu cara meningkatkan kompetensi HR adalah dengan cara melakukan sertifikasi HR BNSP.

Mengapa menggunakan BNSP? Sebab BNSP adalah lembaga resmi negara yang berwenang mengeluarkan sertifikasi sehingga lebih kredibel. Lantas setelah melakukan sertifikasi, apa fungsinya bagi pekerja? Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya simak ulasannya di bawah ini. 

Fungsi Sertifikasi HR BNSP

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa saja fungsi sertifikasi bagi pekerja.  Ketika sudah memiliki sertifikasi dari BNSP kamu bisa memanfaatkannya untuk pengembangan karir di tempat kerja dan meningkatkan personal branding. Selain itu masih ada banyak fungsi lainnya, seperti berikut ini:

  1. Personal Branding

Memiliki sertifikasi HR BNSP bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan personal branding. Kamu bisa menggunakan sertifikasi tersebut sebagai bukti pendukung bahwa kamu adalah seorang HR yang profesional dan memiliki kompetensi tertentu. 

  1. Peningkatan Gaji

Memiliki sertifikasi ternyata juga sangat berpengaruh pada peningkatan gaji pekerja di tempat kerja. Sejalan dengan meningkatnya kompetensi yang dimiliki maka kompensasi yang didapatkan pekerja juga semakin bertambah. Oleh sebab itu ketika kamu memiliki sertifikasi HR dari BNSP hal itu bisa menjadi modal untuk mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi melalui promosi jabatan dan lain sebagainya. 

  1. Peningkatan Karir

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan karir di tempat kerja. Hal ini bisa berupa promosi jabatan maupun ketika hendak melamar kerja di tempat lain.

Memiliki sertifikasi dari BNSP akan memberikan keunggulan tersendiri bagi pekerja. Hal itu juga akan membuat perusahaan baru yang merekrut mereka lebih tertarik karena sudah terbukti memiliki kompetensi yang dibutuhkan di bidang HR. 

  1. Memperkuat Resume

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa, sertifikasi HR BNSP bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan personal branding dan meningkatkan daya tarik mereka pada saat rekrutmen. Dengan memasukkan sertifikasi tersebut pada bagian resume akan membuat resume mereka lebih menonjol dan menarik perhatian recruiter. 

  1. Pengembangan Diri

Sertifikasi profesi juga merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh pekerja untuk mengembangkan diri mereka. Melalui sertifikasi ini mereka akan belajar lebih banyak keterampilan dan pengetahuan mengenai profesi yang sedang mereka jalani. 

Dengan demikian mereka dapat meningkatkan kompetensi yang mereka miliki. Secara tidak langsung mereka juga meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill mereka di tempat kerja. 

  1. Peningkatan Kinerja

Dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki, maka pekerja bisa memiliki kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. 

Itu tadi adalah beberapa fungsi Sertifikasi HR BNSP bagi pekerja. Apakah kamu tertarik untuk mengikuti sertifikasi? Yuk simak program pelatihan sertifikasi HR dari Kelas HR yang sudah menggunakan materi berstandar dari BNSP.

Kelas HR
Grow Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sudah Punya Sertifikasi HR BNSP? Yuk Simak Apa Saja Fungsinya Bagi Pekerja
× Chat Admin Kelas HR